Perawatan Rambut Kering: Memilih Kondisioner Untuk Rambut Kering

Perawatan Rambut Kering: Memilih Kondisioner Untuk Rambut Kering - Kali ini saya akan membahas tentang pemilihan kondisioner yang tepat untuk rambut kering, banyak diantara kalian mungkin bingung saat ingin membeli kondisioner untuk rambut kering, kondisioner jenis apa dan kondisioner yang banyak mengandung bahan apa yang cocok untuk rambut kering? baca selengkapnya di artikel bawah ini:

Rambut kering butuh perawatan yang sedikit lebih rutin. Selain memakai sampo yang melembapkan, pemilik rambut kering juga harus rajin menggunakan kondisioner berbahan minyak demi mengatasi masalah tersebut.

1. Jenis kondisioner dilihat dari cara pemakaianya:
KONDISIONER BILAS
Hampir semua shampoo memiliki jenis kondisioner bilas sebagai pendamping, karena jenis kondisioner ini adalah kondisioner yang paling umum dijumpai. Formula yang terkandung di dalam kondisioner tipe ini paling banyak mengandung fatty alcohol dan kaya akan silikon. Fatty alcohol, misalnya Stearyl Alcohol akan membuat tekstur kondisioner menjadi kental dan creamy, sehingga rambut akan lembut dan mudah diatur. Silikon yang juga banyak terkandung, misalnya Dimethicone akan memberi lapisan pelindung pada rambut. Silikon inilah yang akan membuat rambut terasa lembut dan bersinar.

Kelebihan:
Kondisioner yang dibilas bekerja lebih baik. Produk ini akan membuat rambut mudah disisir, tidak kusut, mudah diatur, lebih halus dan bersinar.

Kekurangan:
Fatty alcohol dan silikon akan memberikan lapisan pada tiap helai rambut, membuat rambut terasa lebih berat dan berminyak lebih cepat, mudah menyerap kotoran dan debu.

Cocok Untuk Rambut..
Kondisioner bilas paling cocok untuk wanita yang memiliki rambut normal cenderung kering hingga rambut yang tebal. Jika rambut Anda normal atau berminyak, gunakan kondisioner bilas yang tidak mengandung silikon (biasanya memiliki harga yang lebih murah). Pastikan Anda hanya memakai kondisioner bilas pada ujung-ujung rambut atau 1/3 bagian dari panjang rambut untuk menghindari rambut yang lepek dan berat setelah memakai kondisioner.


KONDISIONER TANPA BILAS
Jika Anda menduga bahwa kondisioner tanpa bilas akan meninggalkan kesan berat dan lengket pada rambut, hal itu tidak benar, karena formula yang ada di dalam kondisioner bilas dirancang lebih ringan dibandingkan kondisioner bilas. Biasanya, kondisioner tanpa bilas mengandung formula humectant, quat dan silikon yang lebih ringan. Humectant, misalnya propylene glycol akan memberi kelembaban pada rambut tanpa membuatnya terasa berat. Silikon akan memberikan efek halus dan bersinar, walaupun efeknya sama dengan kondisioner bilas, silikon yang ada di dalam kondisioner tanpa bilas dirancang lebih cepat menguap sehingga tak berat di rambut. Sedangkan quat, misalnya olyquaternium-10 akan menjaga rambut dari kerusakan dan pengaruh buruk lingkungan. Biasanya kondisioner tanpa bilas hadir dalam bentuk spray atau krim yang encer.

Kelebihan:
Membuat rambut lembut, bersinar dan mudah diatur tanpa memberi kesan berat. Praktis dan tidak memakan banyak waktu.

Kekurangan:
Formula yang ada di dalam kondisioner ini terkadang terlalu ringan untuk mereka yang memiliki masalah rambut kusut dan sulit diatur.

Cocok Untuk Rambut..  
Kondisioner tanpa bilas paling cocok untuk rambut normal yang cenderung tipis, sehingga pemakaian kondisioner tanpa bilas akan terasa ringan. Produk ini juga bisa digunakan sebagai pelapis pelindung sebelum Anda memakai catok rambut atau hair dryer.


2. Resep membuat kondisioner dari yoghurt

Yoghurt dikenal dengan kandungan protein, asam laktat, lemak, vitamin dan mineral berpadu dengan olive oil yang berkhasiat melembutkan rambut dan membuatnya lebih berkilau akan menjadi amunisi yang ampuh Anda memerangi rambut kering.

Campurkan yoghurt dengan dua sendok makan olive oil hingga rata. Oleskan di seluruh rambut Anda yang telah dicuci bersih dengan shampo yang lembut. Diamkan selama lima belas menit, bilas hingga bersih. Pastikan Anda mencampur yoghurt dengan perbandingan yang lebih banyak daripada olive oil agar rambut mudah dibilas. Bila rambut masih terasa berminyak, cuci rambut Anda dengan shampo sekali lagi hingga bersih.

Hasil: rambut lebih berat, lembut dan berkilau. 


Bagaimana? masihkah anda bingung untuk memilih kondisioner untuk rambut kering anda, semoga saja tidak, anda juga dapat membacar artikel kami yang lain seperti cara agar rambut tidak kering secara alami dengan masker.

Related articles Kondisioner