Merawat Rambut: Cara Tradisional Agar Rambut Cepat Panjang

Merawat Rambut: Cara Tradisional Agar Rambut Cepat Panjang - Rambut yang cepat panjang mungkin sangat diinginkan oleh kebanyakan wanita di Indonesia, memiliki rambut panjang bukanlah masalah yang mudah, diperlukan perawatan yang ekstra untuk melakukan perawatan dikarenakan rambut yang panjang akan sangat mudah sekali rontok dan bercabang pada ujungnya.

Pada artikel kali ini sedikit panjang kita akan membahas mengenai cara bagaimana agar rambut kita yang mungkin saat ini dalam kondisi pendek menjadi lebih panjang dengan cepat, hal-hal yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan beberapa perawatan rambut yang tepat serta menutrisinya baik dari dalam maupun dari luar.

Gangguan pada rambut kepala antara lain ketombe, rambut rontok, rambut kering, rambut kusut, rambut bercabang dan sebagainya. Gangguan-gangguan ini biasanya dapat dihilangkan atau dikurangi dengan shampo atau yang lainnya serta gangguan-gangguan tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut agar cepat panjang.

a. Pertumbuhan Rambut per Hari
Kecepatan pertumbuhan rambut rata-rata 0,3 mm/hari atau 1-1.5 cm per bulan. Beruntunglah kita yang tinggal di negara tropis. Karena rambut biasanya tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang tinggal di negara empat musim.

Dengan perawatan dan nutrisi yang baik dan cukup akan menjadikan pertumbuhan rambut menjadi lebih optimal dan cepat panjang.

b. Cara Merawat Rambut Yang Benar Agar Cepat Panjang:
- Beri protein rambut
Ada beberapa makanan yang sebenarnya juga dapat mendorong produksi rambut. Seperti konsumsi telur, daging, dan produk susu. Hal ini karena rambut mengandung keratin yang didorong oleh amino acid. Jadi dengan mengkonsumsi protein yang memproduksi amino acid akan membuat rambut lebih cepat tumbuh dan sekaligus kuat.

- Potong rambut secara berkala
Bagaimana mau panjang jika memotongnya terus? Ternyata cara ini cukup ampuh untuk membuat rambut bertumbuh dan kuat. Selama prosesnya, Asgar menganjurkan untuk memotong rambut di bagian ujung agar tumbuh lebih cepat dan kuat. Ini dilakukan karena saat rambut bertumbuh di bagian ujungnya merupakan bagian rambut yang sudah mati dan tidak lagi sehat jadi ada baiknya dipotong.

- Hindari cuci rambut setiap hari
Keramas setiap hari akan menyingkirkan minyak alami rambut yang berguna untuk bertumbuhnya rambut lebih cepat.

- Pijatan Kepala
Pijatan di kulit kepala akan menstimulasi asupan darah pada folikel rambut, memberinya nutrisi dan memacu rambut bertumbuh. Perawatan mingguan dengan lima menit hingga 40 menit pijatan di kepala cukup membantu.

- Jangan sering-sering mewarnai rambut
Tidak apa-apa mewarnai rambut Anda sekali atau mungkin dua kali sebulan. Tapi jika sering berubah warna dan memberi bahan kimia pada kulit kepala Anda, akan menghambat tumbuhnya rambut. Setialah pada satu warna dan lihat keajaiban beberapa bulan mendatang.

- Lindungi kulit kepala dari energi panas
Saat mengaplikasikan blowdry, pelurusan, atau pengeritingan, ada rambut yang terkena energi panas. Agar rambut benar-benar tumbuh sehat, kurangi paparan panas dari alat-alat tersebut.

- Rutin memakai conditioner
Pemakaian rutin conditioner akan membantu rambut yang tumbuh berkilau dan indah.

c. Cara Tradisional Dengan Bahal Alami agar Rambut cepat Panjang:
Jika anda melakukan tips-tips diatas dan ingin melanjutkan dengan cara perawatan menggunakan bahan alami, beberapa bahan tradisional berikut bisa anda gunakan dengan cara sebagi masker rambut yang dikutip dari wolipop:

1. Kulit Apel
Kulit apel memiliki beberapa vitamin dasar yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Ketika sirkulasi berjalan lancar, maka akan berpengaruh baik pada pertumbuhan rambut.

Buah yang kaya polifenol ini dapat memerangi masalah rambut rontok. Kulit apel dapat menjadikan rambut lebih sehat dan bernutrisi. Cara perawatannya, haluskan kulit apel, lalu oleskan pada rambut. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

2. Teh Hijau
Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau membuat sirkulasi darah ke rambut menjadi lebih baik. Selain itu, teh hijau juga berfungsi untuk membuat pertumbuhan rambut lebih cepat dan sehat.

Cara perawatannya adalah dengan menyeduh teh hijau, lalu balurkan pada kulit kepala dan seluruh rambut. Kemundian bungkus rambut menggunakan handuk, tunggu hingga 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

3. Minyak Zaitun
Sejak nenek moyang dulu, minyak zaitun telah dipercaya sebagai perawatan mujarab untuk merawat rambut. Minyak zaitun tidak hanya dapat menghaluskan rambut, namun dapat meningkatkan proses pertumbuhan rambut.

Cara aplikasi minyak zaitun, teteskan 4 hingga 5 tetes minyak zaitun setelah keramas, lalu pijatlah kulit kepala. Diamkan semalaman agar kandungan minyak zaitun terserap pada kulit kepala. Pada pagi harinya, cuci rambut hingga bersih.

4. Telur
Cara lain untuk menumbuhkan rambut adalah dengan kuning telur. Terapkan kuning telur pada rambut dan kulit kepala. Kemudian, pijatlah kulit kepala selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo, agar tidak meninggalkan aroma amis pada rambut. Ada baiknya, melakukan proses ini tiga hingga empat kali dalam seminggu.

5. Santan
Salah satu teknik yang paling populer digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut adalah aplikasi santan ke kulit kepala. Terapkan 300 hingga 500 ml santan ke kulit kepala dan rambut. Tutup rambut dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit, bilas dengan air dingin.

Dengan melakukan perawatan ini, rambut juga akan menjadi lebih lembut dan mengkilap. Bila dilakukan secara teratur, dapat terlihat hasil yang signifikan dalam pertumbuhan rambut. Lakukan proses ini tiga sampai empat kali dalam seminggu.


d. Makanan dengan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut:
Untuk Anda yang saat ini mengalami problem pertumbuhan rambut, cermati makanan-makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut agar rambut tetap subur berikut ini:

1. Aneka produk buah jeruk
Buah jeruk kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen. Kolagen inilah yang nantinya akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan rambut rontok serta kurang bersinar.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau punya banyak manfaat kesehatan, baik untuk kulit, rambut maupun tubuh. Sayuran hijau mengandung protein, mineral, vitamin dan nutrisi lain yang mendukung pertumbuhan dan kualitas rambut.

Sayuran hijau juga makanan terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. Sayuran berdaun hijau ini contohnya seperti bayam, kangkung, sawi, dan lain sebagainya.

Adalah kandungan MSM atau metil sulphonyl metana yang meningkatkan produksi keratin. Keratin sendiri adalah jenis protein yang memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

3. Ikan laut
Ikan-ikanan mengandung omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan folikel rambut. Lemak diperlukan untuk membantu memanfaatkan vitamin dan mineral yang menyehatkan rambut.

Tidak semua lemak bermanfaat, lemak yang sehat seperti lemak omega-3 yang harus dipilih, dan biasanya dikandung oleh ikan-ikanan.

4. Daging tanpa lemak
Pertumbuhan rambut membutuhkan banyak protein dibandingkan dengan nutrisi lainnya. Daging tanpa lemak seperti daging kalkun, daging ayam, menyumbangkan sejumlah protein penting. Protein ini membangun keratin yang merangsang folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

5. Cokelat
Anda mungkin belum pernah mendengar bahwa cokelat sebenarnya baik untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Cokelat memiliki kandungan zinc yang membantu produksi minyak alami rambut tidak sampai terhenti. Minyak alami tersebut akan membuat pertumbuhan rambut jadi lebih maksimal, dan zinc juga membantu memperbaiki rambut yang rusak serta rapuh.

E. Vitamin Pertumbuhan Rambut
Perlu anda perhatikan pula vitamin apa saja yang wajib anda konsumsi dan masuk di dalam diet harian anda agar rambut tumbuh dengan cepat:
1. Asam folat: Asam folat membantu pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. Vitamin ini juga bertanggung jawab untuk mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan asam folat dapat menghambat kesehatan rambut seperti uban prematur dan rambut rontok.

2. Vitamin C: Vitamin C dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Ia juga dapat mencegah rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin C menimbulkan kerusakan rambut seperti rambut bercabang dan kering.

3. Vitamin B12: B12 adalah nutrisi penting dalam pembentukan DNA dan sel darah merah, yang menyalurkan oksigen ke seluruh organ vital tubuh. Tak banyak yang tahu, folikel rambut juga membutuhkan oksigen. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerontokan, pertumbuhan lambat, dan uban prematur.

4. Vitamin A: Vitamin A merupakan sumber antioksidan yang dikenal ampuh dalam memperbaiki tekstur dan warna rambut. Vitamin ini juga melindungi rambut dari bahaya radikal bebas dan kekeringan.

5. Niasin: Niasin memiliki efek dilatasi pada pembuluh darah dan kapiler, yang menyebabkan peningkatan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit kepala. Peningkatan sirkulasi merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

6. Vitamin E: Vitamin E adalah salah satu sumber antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Jika Anda ingin rambut tumbuh lebih cepat, tingkatkan konsumsi vitamin E.

7. Biotin: Biotin berfungsi untuk membantu sel-sel menghasilkan energi. Vitamin ini juga meningkatkan elastisitas rambut, sehingga dapat mencegah kerusakan permanen. Kulit kepala gatal dan bersisik merupakan gejala kekurangan biotin.

Semoga dengan beberapa cara dan tips diatas rambut kita tumbuh dengan baik dan lebih cepat. baca juga artikel sebelumnya mengenai Perawatan Rambut Kering: Memilih Kondisioner Untuk Rambut Kering.

Related articles Bahan Alami