Friday, July 11, 2014

Membuat Rambut Tidak Kasar - Tips Cara Merawat Rambut Yang Kasar Menjadi Halus

Tekstur rambut yang kasar akan membuat penampilan kurang sempurna, rambut yang kasar umumnya disertai dengan rambut yang kering dan sulit untuk ditata, untuk menghaluskan rambut yang kasar menjadi halus banyak sekali tips dan cara yang dapat anda lakukan, namun yang perlu anda ingat adalah pilihlah yang sesuai dengan kondisi rambut anda saat ini.

Cara Merawat Rambut Yang Kasar:
3. Jangan gunakan terlalu banyak shampo
Keramas memang penting untuk menjaga rambut Anda agar tetap bersih, tetapi keramas terlalu sering justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Shampo mengandung bahan kimia yang jika terlalu sering digunakan akan menghilangkan kelembapan dan minyak alami pada batang rambut dan kulit kepala.

Untuk mengatasi hal ini cucilah rambut maksimal 2 hari sekali. Atau Anda bisa mencoba shampo lembut dengan pH antara 4,5 dan 6,7. Shampo dengan pH seimbang akan menjaga keseimbangan pH rambut Anda, sehingga rambut tidak akan kering dan kasar.

1. Gunakan minyak jojoba
Rambut yang kering dan kasar bisa jadi disebabkan karena kurangnya produksi sebum di akar rambut. Sebum berfungsi untuk mempertahankan kelembapan di kulit kepala. Jika produksinya tidak cukup maka kulit kepala akan kekurangan nutrisi dan jika kulit kepala kekurangan nutrisi batang rambut pun akan menjadi tidak sehat.

Sebum yang terlalu sedikit ini bisa digantikan dengan minyak jojoba. Ambil dua sendok teh minyak jojoba yang sudah dihangatkan. Oleskan pada tangan dan pijat ke kulit kepala Anda. Minyak jojoba akan bekerja melalui akar hingga ke ujung rambut. Bungkus rambut Anda dengan handuk hangat dan biarkan selama sekitar 20 menit.

5. Gunakan kondisioner tanpa bilas
Setiap kali keluar rumah, jangan lupa untuk memakai kondisioner leave-on di rambut Anda. Kondisioner ini bisa melindungi rambut dari pengaruh buruk sinar matahari dan polusi serta merawat rambut Anda sepanjang hari. Jika menginginkan produk kondisioner yang alami, Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis minyak tumbuhan sebagai kondisioner, misalnya minyak urang-aring, minyak kemiri, minyak kelapa, atau minyak zaitun.

2. Deep conditioning
Deep conditioning adalah cara terbaik untuk merawat rambut yang kasar. Dengan menutrisi rambut dan kulit kepala secara mendalam, rambut yang tadinya kering dan kasar akan menjadi lembut dan berkilau. Anda bisa mencoba teknik deep conditioning ini dengan menggunakan alpukat.

Haluskan daging buah alpukat, kocok dalam kuning telur dan dua sendok minyak zaitun. Gunakan pasta ini untuk memijat kulit kepala. Gunakan shower selama satu jam sebelum dibilas hingga bersih.

4. Ubah pola makan
Tak hanya nutrisi dari luar, rambut Anda juga perlu dirawat dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, buah-buahan, dan protein agar kebutuhan nutrisi rambut terpenuhi. Dengan begitu rambut akan jadi sehat dan berkilau. Perbanyak pula konsumsi air untuk mengembalikan kelembapan sel serta hindari alkohol, kafein, dan rokok.
Membuat Rambut Tidak Kasar Dengan Perawatan Alami:
Untuk merawat rambut yang kasar dengan perawatan alami anda bisa mencoba beberapa masker rambut herbal alami berikut, carilah bahan yang mudah dicari disekitar rumah anda:
-  Cara Merawat Rambut Kasar Menggunakan Masker Santan Kelapa
Santan kelapa umumnya digunakan sebagai bahan atau penyedap masakan.Namun ternyata, santan kelapa juga dapat dipergunakan untuk membantu melembutkan rambut.Caranya, siapkan santan kental.Kemudian oleskan pada rambut secara merata.Agar rileks, bisa juga dengan melakukan sedikit pijatan pada kulit kepala.Diamkan kurang lebih 10-15 menit.Bilas atau keramaslah hingga bersih.Lakukan secara rutin agar hasilnya memuaskan

-  CCara Merawat Rambut Kasar Menggunakan Masker Putih telur ayam kampung
Siapkan 1 butir telur ayam kampung dan ambil bagian putih telurnya saja. Oleskan putih telur pada rambut mulaidari akar hingga ujung rambut sampai rata. Istirahatkan selama kurang lebih 10-15 menit. Kemudian bilas sampai bersih menggunakan air dingin. Keramaslah untuk menghilangkan bau amis. Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali.

-  Cara Merawat Rambut Kasar Menggunakan Masker Lidah buaya
Siapkan daging lidah buaya kemudian haluskan.
Oleskan perlahan pada rambut secara merata mulai dari akar hingga ujung rambut.
Diamkan selama 10-15 menit. Bilas atau keramas hingga bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

-  Cara Merawat Rambut Kasar Menggunakan Masker Daun mangkok
Khasiat dari daun mangkok adalah dapat membantu menghitamkan dan melebatkan rambut.Caranya:
Haluskan 10-15 lembar daun mangkok dan campur dengan sedikit air.
Oleskan secara merata pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut sambil diremas dan dipijit secara perlahan. Diamkan selama 10-15 menit.
Bilas rambut atau keramas hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap seminggu sekali.

-  Cara Merawat Rambut Kasar Menggunakan Masker Madu
Madu memang dikenal memiliki beragam manfaat dan khasiat, termasuk untuk melembutkan dan menghitamkan rambut.Caranya adalah, usapkan atau oleskan madu pada rambut mulai dari akar hingga ke ujung secara merata.Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit.Untuk hasil yang lebih baik, keramaslah hingga bersih.Lakukan secara rutin.

Selamat mencoba, semoga dengan melakukan beberapa perawatan diatas yang sebelumnya rambut anda kasar kini menjadi lembut dan mudah untuk ditata.