Perawatan Alami: Mengatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Zaitun

Cara Merawat Rambut - Perawatan Alami: Mengatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Zaitun: Minyak zaitun mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, sering terdapat didalam bahan pembuatan produk kecantikan baik itu produk kecantikan kulit, rambut dan yang lainnya. Minyak zaitun dapat membantu mengatasi rambut rontok terutama yang parah dengan cara menutrisinya sehingga rambut akan tetap sehat, selain itu minyak zaitun juga dapat menutrisi kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai apa sih itu minyak zaitun, kandungan yang dimiliki minyak zaitun, manfaat lain yang dimiliki minyak zaitun, serta bagaimana cara menggunakan minyak ini untuk mengatasi rambut rontok.

Tentang Minyak Zaitun
Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol).
Ilustrasi minyak zaitun dan buahnya
Kandungan Yang Dimiliki Minyak Zaitun
  • Trigliserida, Minyak zaitun mengandung trigliserida dan sejumlah kecil acits lemak bebas , gliserol , pigmen , senyawa aroma , sterol, tokoferol, fenol, komponen resin teridentifikasi dan lain-lain ( Kiritsakis , 1998) .
  • Oleic Acid, Minyak zaitun mengandung dari oleat tak jenuh tunggal. Asam lemak tertentu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), yang bertanggung jawab untuk pembentukan plak aterosklerosis, dan meningkatkan HDL (kolesterol Baik) .
  • Tokoferol, Minyak zaitun mengandung tokoferol. Tokoferol yang terkandung dalam minyak zaitun tidak hanya bergantung pada senyawa dalam buah zaitun, tetapi juga pada beberapa faktor lainnya. vitamin E untuk asam lemak tak jenuh ganda dalam minyak zaitun lebih baik daripada di minyak nabati lainnya. Selain vitamin E minyak zaitun juga kaya akan jenis vitamin lainnya seperti vitamin A, B1, B2, C, D, dan beberapa mineral penting seperti zat besi. 
  • Senyawa fenolik, Sebagian besar senyawa ini terkandunga dalam minyak zaitun. senyawa tersebut berfungsi untuk meningkatkan stabilitas oksidatif dan meningkatkan rasa.
  • Hydrohytyrosol, tyrosol dan beberapa asam fenolik terutama ditemukan dalam minyak zaitun. Isi fenol dan komposisi tertentu dari fenol ini dalam minyak zaitun tergantung pada ketinggian di mana pohon-pohon zaitun tersebut  tumbuh, pada waktu panen dan pada kondisi pengolahan.
Manfaat minyak zaitun untuk rambut
1. Minyak zaitun cocok untuk digunakan sebagai pelembab alami rambut yang kering.

2. Minyak zaitun juga membantu mengatasi masalah rambut seperti ketombe.

3. Minyak zaitun membantu mengurangi rambut rontok dengan memberikan nutrisi penting untuk rambut dan menjaganya agar tetap sehat.

4. Minyak ini juga memberi nutrisi untuk kulit kepala serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Minyak zaitun dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar dan memperkuat akar rambut.

6. Karena minyak zaitun adalah minyak alami, ini sama sekali tidak memiliki efek samping.

7. Jika Anda memiliki rambut kusam dan kaku, aplikasikan minyak zaitun ke seluruh rambut karena itu dapat menghilangkan kekakuan dan memberikan kemilau pada rambut.

8. Minyak zaitun membantu melawan masalah yang muncul akibat penggunaan rutin semprotan rambut dan gel rambut.

9. Minyak zaitun mengurangi munculnya uban dan mempertahankan warna alami rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok
Cara terbaik untuk menggunakan minyak zaitun adalah dengan menghangatkannya dalam tungku kecil. Lalu, tempelkan di kulit kepala sambil dipijat hingga merata. Kemudian, tutup dengan handuk atau shower cap untuk membantu penyerapan ke dalam kulit kepala. 

Diamkan selama sekitar 30 menit kemudian bersihkan dengan sampo. Tidak perlu menggunakan conditioner karena rambut sudah menjadi lebih lembut, lebih kuat dan bersinar dari biasanya.

Anda juga bisa mengolah minyak zaitun menjadi masker rambut. Campurkan saja dengan bahan lain seperti bubuk kayu manis, madu atau putih telur. Oleskan pada rambut hingga ujungnya, kemudian bersihkan dengan sampo. Untuk perawatan rambut, sebaiknya pilih minyak zaitun jenis "extra virgin".

Terimakasih sudah membaca artikel perawatan rambut dengan minyak zaitun ini, baca juga artikel lainnya: Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dengan Daun Seledri.

Related articles Bahan Alami