Wednesday, October 28, 2015

Top 6 Perawatan Tradisional Untuk Atasi Rambut Rontok

Perlukah perawatan ekstra untuk mengatasi rambut rontok? jawabanya adalah tidak, banyak sekali perawatan rambut sederhana yang bisa kalian coba untuk mengatasi rambut rontok, mulai dari menggunakan bahan alami, melakukan pijatan kepala, sampai berolahraga secara rutin.

Kenapa rambut bisa rontok? banyak sekali penyebab yang menjadikan rambut menjadi mudah rontok mulai dari adanya penyakit kulit kepala, stres, sampai anda kelebihan hormon tertentu seperti saat sedang hamil.

Berikut beberapa perawatan tradisional yang patut kalian coba guna mengatasi masalah rambut anda:
1. Cukupi kebutuhan gizi
Saat rambut anda rontok cobalah untuk mengamati, pola diet makanan anda, bagi beberapa orang yang menjalankan diet ketat bisa berpengaruh pada kesehatan rambut, diet yang ketat dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi penting seperti mineral, dan vitamin.

2. Tidur dengan cukup
Apa kaitan antara rambut rontok dan tidur? tidur yang kurang merupakan salah satu penyebab stres, saat stres kondisi hormon dalam tubuh akan terganggu selain itu pada beberapa hasil penelitian, stres berat akan mengakibatkan sel-sel darah putih menyerang folikel rambut sehingga akan terjadi kerontokan rambut yang parah. Tidur yang cukup serta mematikan lampu kamar tidur akan memacu hormon pertumbuhan yang pada orang dewasa sangat penting untuk perbaikan jaringan sel yang rusak.

3. Melakukan pijatan kepala
Pijatan kepala saat ini merupakan perawatan rambut yang sangat diminati, pijatan yang lembut akan membuat darah mengalir dengan lancar pada bagian akar rambut, sehingga kebutuhan nutrisi rambut dapat tersalurkan dengan baik, selain itu beberapa masker alami juga bisa ditambahkan saat melakukan pijatan.

4. Melakukan olahraga dan traveling
Apabila anda sering mengalami stres, olahraga secara rutin dapat mebuat hormon stres anda kembali normal, lakukan olahraga setiap hari atau jika tidak bisa anda cukup melakukannya pada akhir pekan saja. selain itu traveling juga membuat suasana pikiran anda menjadi lebih dingin.

5. Mencuci rambut dengan shampo herbal 
Shampo herbal atau yang sering diartikan sebagai shampo dari bahan alami juga patut anda coba sebagai pengganti shampo anda saat ini, shampo herbal tidak mengandung bahan kimia buatan yang berbahaya bagi rambut, shampo herbal yang banyak beredar dipasaran umumnya mengandung ekstrak bayam, merang, dan olive oil.

6. Memakai Masker rambut alami
Masker rambut yang terbuat dari bahan alami juga wajib anda coba, beberapa bahan masker seperti minyak kelapa, telur, teh hijau, olive oil, dan minyak lidah buaya dipercaya dapat mengatasi rambut rontok. Kandungan mineral, vitamin, protein, serta minyak dalam bahan tersebut mampu menutrisi rambut dan mengembalikan kondisi rambut yang kurang sehat. Gunakan sebelum anda pergi mandi dan pakai selama 15-20 menit, kemudian bilas saat anda pergi mandi.

Selain beberapa tips diatas yang perlu anda ingat adalah rambut rontok parah diakibatkan oleh adanya penyebab yang mengganggu kesehatan rambut anda, temukan penyebab rambut rusak tersebut kemudian lakukan pengobatan secara tepat. Baca juga: Perawatan Rambut Kering Dengan Minyak ZaitunImage courtesy of marin at FreeDigitalPhotos.net