Thursday, August 20, 2015

Perawatan Rambut Kering Dengan Minyak Zaitun

Perawatan Rambut: Rambut kering adalah salah satu tanda bahwa rambut kita sedang mengalami kerusakan, banyak sekali faktor yang menyebabkan kita memiliki rambut kering mulai dari keturunan sampai dengan kebiasaan hidup yang kurang sehat misalnya terlalu sering berjemur dibawah sinar matahari.

Untuk mengatasi rambut kering sebenarnya tidak terlalu susah, beberapa perawatan sederhana bisa anda lakukan seperti menggunakan masker alami yang salah satu bahannya terdiri dari minyak zaitun. Minyak ini dipercaya memiliki beragam khasiat baik bagi kecantikan kulit tubuh maupun kecantikan rambut.

Minyak zaitun
Minyak zaitun atau yang sering disebut dengan olive oil adalah minyak yang didapat dari ekstrak buah zaitun, memiliki banyak kegunaan mulai dari kosmetik, kesehatan, dan makanan. seperti minyak pada umumnya kandungan minyak dalam minyak zaitun mencapai 100%, tetapi jenis minyak ini tergolong minyak sehat dan hanya sekitar 14%  yang merupakan minyak jenuh. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yang larut didalamnya seperti vitamin A, D, E ,dan K. selain itu terdapat juga kandungan omega-3 dan omega-6 didalamnya.

Minyak zaitun untuk rambut kering
Saat kondisi rambut kering maka sudah dapat dipastikan zat minyak yang terdapat pada rambut hilang, terutama pada wanita yang memiliki rambut panjang maka pada bagian ujung rambut lebih sering terasa kering dan kasar, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggantikan minyak rambut dengan minyak zaitun, selain mampu mengembalikan kelembaban rambut minyak zaitun juga dapat menutrisi dan berfungsi sebagai antioksidan alami penangkal radikal bebas penyebab rambut rusak.

Penggunaan minyak zaitun
Penggunaan minyak zaitun untuk mengatasi rambut kering sangatlah sederhana, anda bisa langsung menuangkan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala anda, pijat-pijat sampai 15-20 menit agar kotoran yang menempel ikut terangkat dan minyak benar-benar meresap ke dalam rambut, selain itu pijatan juga diperlukan agar aliran darah pada kulit kepala menjadi lancar.

Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun sebagai campuran dalam membuat masker rambut alami, gunakan sebelum anda pergi mandi.

Tips memilih minyak zaitun
Terdapat beragam jenis minyak zaitun dipasaran, mulai dari yang extra virgin, virgin, sampai light. namun yang terbaik adalah extra virgin. hal yang membedakan dari jenis-jenis tersebut adalah proses ekstraksinya serta kadar keasaman yang dimiliki. Minyak zaitun bisa digunakan selama setahun dari proses produksinya, untuk itu jika anda memiliki minyak zaitun yang telah berusia setahun lebih maka buanglah karena kandungan nutrisi dan antioksidan alami didalamnya telah banyak yang rusak. Image courtesy of debspoons at FreeDigitalPhotos.net