Bahan Alami Untuk Rambut: Bagaimana Menutrisi Rambut yang Benar Dengan Bahan Alami ?

Cara merawat rambut - Bahan Alami Untuk Rambut: Bagaimana Menutrisi Rambut yang Benar Dengan Bahan Alami - mungkin anda pernah bertanya-tanya mungkinkah kita bisa menutrisi rambut dengan bahan alami? jawabanya adalah bisa. kita dapat menutrisi rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami baik dari dalam maupun dari luar, cara menutrisi rambut dari dalam yakni dengan mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung gizi penting bagi tubuh dan rambut kita, sedangkan cara menutrisi rambut dari luar yakni dengan menggunakan masker rambut dari bahan alami misalnya buah-buahan.


Para ahli juga berpesan agar konsumen mewaspadai penggunaan suplemen yang kerap dijual di pasaran untuk menebalkan atau menumbuhkan rambut. Kalaupun Anda bisa menemukan suplemen yang baik di banyak toko, cobalah untuk selalu mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dari makanan-makanan alami  di mana pun yang Anda peroleh.

A. Cara menutrisi rambut dari dalam dengan makanan bergizi:
Apa saja gizi yang harus dipenuhi untuk membuat rambut tetap sehat dan terlihat indah.

Protein

seperti rambut terbuat dari protein, pastikan Anda memiliki cukup asupan protein untuk rambut yang kuat dan sehat. Kekurangan protein akan membuat rambut cenderung kering, rapuh dan 

lemah. Diet protein yang sangat rendah dapat menyebabkan rambut rontok. Pilih ayam, kalkun,  ikan, produk susu dan telur sebagai sumber protein yang sangat baik, serta sumber lain seperti kacang-kacangan.

Vitamin C
Vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga makanan yang tinggi akan  vitamin C, baik untuk dikonsumsi. Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga mudah  digunakan oleh tubuh. Sumber terbaik vitamin C adalah blackcurrant, lemon, blueberry, brokoli, jambu biji, kiwi, jeruk, papaya, stoberi, dan ubi jalar. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen  yang memperkuat kapiler yang memasok poros rambut.

Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting untuk rambut Anda, dan kekurangan zat besi (anemia) merupakan penyebab utama rambut rontok karena folikel rambut dan akar diberi 

makan oleh suplai darah yang kaya nutrisi. Saat kadar besi (serum ferritin) berada di bawah titik tertentu, Anda mengalami anemia. Hal ini akan mengganggu pasokan nutrisi ke folikel yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Produk hewani seperti daging merah, ayam, dan ikan memberikan zat besi dengan bioavailabilitas yang tinggi. 

Sementara untuk vegetarian dapat mengonsumsi kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak yang penting bagi tubuh kita yang tidak dapat dibentuk  sendiri oleh tubuh, karena itulah harus diperoleh dari asupan yang kita makan. Omega-3  ditemukan dalam sel-sel yang melapisi kulit kepala dan juga menyediakan minyak untuk mejaga  kulit kepala dan rambut terhidrasi. 

Dapatkan omega-3 dari ikan yang mengandung minyak seperti salmon, herring, sarden, trout, dan makarel serta sumber lain seperti alpukat, biji labu, dan kenari.


Seng dan Selenium
Perlindungan kulit kepala melibatkan mineral penting lainnya, terutama seng dan selenium. Kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok dan kering serta pengelupasan kulit kepala. 

Sereal dan biji-bijian merupakan sumber zat seng yang baik bersama dengan tiram, daging sapi, dan telur.


Biotin
Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air. Terlalu sedikit kandungan biotin dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Makanan yang kaya akan biotin adalah biji-bijian,  hati, kuning telur, tepung kedelai, dan ragi.

Vitamin A

Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sebum. Sebum adalah zat berminyak  yang diciptakan oleh kelenjar rambut subaceous dan memberikan kondisioner alami untuk kulit kepala yang sehat. Tanpa sebum, kita mungkin mengalami kulit kepala gatal dan rambut kering. 

Produk hewani dan sayuran berwarna kuning/oranye mengandung betakaroten (pembentuk vitamin A) yang tinggi, seperti wortel, labu, dan ubi jalar.

Vitamin E

Sinar matahari dapat merusak rambut kita sama halnya seperti dapat merusak kulit, jadi pastikan  untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E untuk memberikan perlindungan kepada rambut Anda. Kacang-kacanga adalah sumber dari segala gizi, menyediakan seng, selenium, dan vitamin E. jadi cobalah memasukkannya sebagai menu diet sehat Anda.

B. Cara menutrisi rambut dari luar dengan masker alami:

Buat masker rambut Anda sendiri untuk perawatan yang bernutrisi dan mendalam untuk rambut Anda setiap dua minggu sekali.

Masker rambut alami dari bahan telur dan alpukat
Kocok kuning telur dan campur dengan separuh alpukat yang sudah ditumbuk dan tambahkan satu sendok madu. Pijatkan ke rambut yang basar dan bersih lalu  biarkan selama 30 menit sebelum dibilas secara menyeluruh.

Masker rambut alami dari bahan madu dan jeruk nipis
Madu banyak digunakan untuk kecantikan, mulai dari wajah, kulit hingga rambut. Kalau ingin punya rambut berkilau, coba ikuti beberapa resep membuat masker rambut dari madu ini!

Peras satu buah jeruk nipis, campur air dan satu sendok madu. Setelah rambut dicuci bersih dengan sampo, oleskan campuran ini di atas rambut lembap. Pijat kepala selama beberapa menit, bilas dengan air dan keringkan rambut seperti biasa.

Masker rambut alami dari bahan pisang, madu, minyak zaitun dan susu
Pisang mengandung lactic acid yang dapat mengembalikan vitalitas rambut. Selain itu, lactic acid menjaga keseimbangan pH (tingkat keasaman) kulit kepala. Ditambah bahan lain seperti madu, minyak zaitun dan susu, rambut akan kembali lembut dan mendapat nutrisi.
Bahan Masker:
1 - 3 buah pisang, sesuaikan dengan panjang rambut Anda
2 sdm madu
2 sdm minyak zaitun
3 sdm susu

Cara Aplikasi:
  1. Haluskan pisang, jika ingin cepat, blender pisang hingga halus, tambahkan bahan lain hingga tercampur rata.
  2. Pada rambut kering, aplikasikan masker rambut. Anda bisa menggunakannya dari pangkal rambut atau hanya ujungnya saja.
  3. Bungkus kepala dengan handuk, atau bisa menggunakan tas kresek.
  4. Diamkan selama 20 hingga 30 menit.
  5. Keramas rambut seperti biasa.
  6. Keringkan rambut dengan diangin-anginkan atau gunakan hair dryer angin dingin.
  7. Selesai.. rambut terasa lebih lembut.
Selesai sudah artikel kali ini yang membahas tentang cara merawat rambut dengan cara menutrisi rambut baik dari dalam dengan mengkonsumsi makanan bergizi, dan dari luar dengan masker bahan alami yang mudah dibuat, anda juga dapat membaca artikel kami yaitu kenapa rambut anak rontok? ini cara merawat rambut anak yang baik.

Related articles Nutrisi Rambut