Cara Merawat Rambut Secara Alami Dengan Kemiri: Untuk Rambut Kusam, kering, dan Rontok

Cara Merawat Rambut Secara Alami Dengan Kemiri (Rambut Kusam, kering, dan Rontok) - Mungkin anda sedang memiliki rambut yang tidak sesuai dengan keinginan anda, dimana rambut anda kusam, kering, ataupun bahkan rontok (Baca: merawat rambut panjang agar tidak rontok), namun jangan khawatir, pada artikel ini akan dibahas tuntas dan menyeluruh tentang bagaimana manfaat kemiri yang sering kita temukan sebagi bumbu dapur dan harganya yang murah untuk mengatasi masalah rambut seperti diatas.
Umumnya, rambut menjadi rusak disebabkan oleh penggunaan cat rambut dalam jangka waktu lama dan tidak sesuai petunjuk para ahli rambut, rebonding, smoothing, terkena panas sinar matahari, atau terpengaruh klorin yang terdapat dalam air kolam renang.
A. Zat Yang Terkandung Dalam Kemiri Penting Untuk Rambut
Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah yang dihasilkan oleh sejenis pohon mirip beringin yang banyak tumbuh di daerah Asia Timur dan Asia Tenggara. Kemiri (Aleurites moluccana) adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Cara merawat rambut menggunakan kemiri sudah diaplikasikan nenek moyang kita pada zaman dahuhu. Kemiri mengandung zat gizi maupun non-gizi. Zat non- gizi pada kemiri di antaranya adalah saponin, flavonoida dan polifenol. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ketiga komponen ini mempunyai arti besar bagi kesehatan. Sedangkan zat gizi mikro yang ada dalam kemiri adalah protein, lemak dan karbohidrat.
Selain dipadati protein, kemiri juga sarat mineral semisal kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, tembaga dan selenium. Berbagai zat itu sangat efektif mengembalikan kesehatan rambut, sehingga sangat pas digunakan sebagai salah satu cara merawat rambut.
Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang dapat meruask enzim pembentuk kolesterol di dalam hati, sehingga menghambat pembentukan kolesterol.
Protein pada biji kemiri terdiri dari asam amino esensial maupun nonesensial. Fungsi asam amino esensial antara lain untuk pertumbuhan karena asam amino terdapat di semua jaringan dan membentuk protein dan antibodi.
Asam amino nonesensial yang menonjol pada kemiri, yaitu asam glutamat dan asam aspartat. Keberadaan asam glutamat yang memberikan rasa nikmat ketika kemiri digunakan sebagai bumbu. Hal itu membuat kemiri dapat mengganti penyedap masakan seperti MSG.
Gambar Minyak Kemiri
B. Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut

Manfaat Minyak Kemiri:

  1. Memperkuat akar rambut sehingga mengurangi secara drastis permasalahan rambut mudah rontok.
  2. Melindungi rambut dari radikal bebas (polusi, asap kendaraan, rokok dll) sehingga mengurangi resiko rambut jadi rusak atau kusam.
  3. Merangsang pertumbuhan rambut terutama bagi yang mengalami masalah kebotakan (akibat salah penggunaan shampo, kemoterapi dan pemakaian obat atau bahan kimia lainnya).
  4. Mengurangi bahkan kadang bisa menghilangkan permasalahan ketombe secara tuntas.
  5. Menghitamkan rambut rusak, terutama akibat sering melakukan pewarnaan pada rambut.
  6. Menyuburkan dan mempercepat pertumbuhan rambut sehingga rambut jadi lebih tebal dan berisi.
C. Cara Menggunakan Kemiri Untuk Merawat Rambut Secara Alami
Cara Merawat Rambut Kusam, kering, dan Rontok Dengan Kemiri Agar Hitam Berkilau dan Sehat:
Jika anda tidak ingin repot anda cukup membeli minyak kemiri di toko-toko herbal dan kecantikan, namun apabila anda ingin membuatnya sendiri berikut caranya.
1. Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu memilih biji kemiri yang masih bagus kemudian anda tumbuk hingga halus.
2. Sangrai kemiri tersebut atau dengan kata lain goreng kemiri tersebut tanpa menggunakan minyak.
3. Aduk secara terus menerus dan konstan hingga keluar minyak dari kemiri tersebut.
4. Siapkan wadah untuk tempat minyak yang dihasilkan dari kemiri tersebut.
5. Oleskan minyak kemiri yang sudah anda tampung ke bagian kulit kepala anda hingga merata sambil lakukan pijatan ringan.
6. Jika memungkinkan, oleskan minyak tersebut merata ke rambut anda sehingga akan memberikan efek yang lebih maksimal.
7. Langkah terakhir yang dapat anda lakukan yaitu dengan mendiamkan selama 20 menit, baru kemudian anda bilas dengan air hangat hingga bersih. Gunakan 2 - 3 kali dalam seminggu hingga rambut rusak yang anda alami benar- benar teratasi dan rambut menjadi sehat kembali.
Demikian lah berbagai manfaat kemiri untuk mengatasi rambut rusak anda yang telah saya jabarkan disertai dengan cara melakukan perawatanya. semoga bermanfaat.

Related articles Bahan Alami