Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok yang Benar

Merawat Rambut Panjang Agar Tidak Rontok yang Benar - Masalah utama yang banyak dialami oleh para wanita dengan memiliki rambut panjang adalah rambut yang rontok, secara normal jika rambut yang rontok setiap harinya berkisar antara 40 helai rambut masih dikatakan wajar dan tidak perlu kawatir, namun apabila jumlah rambut yang rontok melebihi jumlah normal tersebut maka anda harus waspada dan perlu untuk mengatasi rambut rontok tersebut, umumnya jumlah rambut rontok akan bertambah jika seseorang tersebut mengalami stres, sakit dan kondisi tidak normal tertentu sehingga mempengaruhi keadaan rambut dan kulit kepala anda.

Beberapa cara perlu dilakukan dalam merawat rambut untuk mengatasi rambut rontok dalam jumlah yang tidak wajar (rontok parah) guna mencegah anda mengalami kebotakan. berikut cara merawat rambut agar tidak rontok:

A). Kenali terlebih dahulu penyebab rambut panjang anda menjadi rontok seperti di kutip dari artikel situs merdeka, sehingga anda dapat melakukan pencegahan sejak dini:
1. Keturunan
Salah satu alasan terjadinya rambut rontok adalah faktor keturunan. Pada beberapa keluarga, gen yang menyebabkan rambut rontok bisa diturunkan pada anak-anak mereka. Jika ini yang terjadi pada kalian, tentunya akan sangat sulit diatasi. Biasanya hal ini bisa diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit.
2. Hormon
Hormon yang tak seimbang juga bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, terkadang orang hamil yang mengalami ketidakseimbangan hormon bisa mengalami rambut rontok yang cukup parah.
3. Penyakit
Penyakit diabetis dan lupus dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut.
4. Radikal Bebas
Radikal bebas adalah zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menajdi keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok.
5. Stres
Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok yang sering dialami banyak orang. Rambut seringkali lebih mudah rontok ketika seseorang mengalami hal yang menyebabkan stres. Stres menyebabkan rambut lebih cepat rontok dibanding saat-saat biasa.
6. Bahan kimia
Ini tentu tak mengejutkan. Bahan-bahan kimia yang ada dalam produk kecantikan dan perawatan rambut bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Baik kalian menggunakan produk di rumah maupun di salon, pastikan untuk menggunakan produk yang tak terlalu mengandung banyak bahan kimia. Bahan kimia akan membuat rambut lebih rapuh, mudah rontok, dan mengganggu pertumbuhan folikel.
7. Diet
Diet juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Jika kalian ingin melakukan diet yang ekstrem, lebih baik pikirkan masak-masak. Jangan melakukan diet yang bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi dan vitamin. Ini akan berdampak tak hanya pada berat badan dan kesehatan tubuh, melainkan juga penampilan seperti rambut dan kulit.
8. Gaya rambut
Faktor lain di balik kerontokan rambut yang parah adalah sering mengubah gaya rambut. ketika akan mengubah gaya rambut, pastikan kesehatan rambut dan folikel tetap terjaga. Beberapa gaya rambut bisa menarik rambut hingga akarnya dan membuat rambut lebih rapuh serta rentan patah. Misalkan sering mengikat rambut dengan gaya ekor kuda yang terlalu ketat.
Dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut anda menjadi rontok, secara dini pula anda dapat melakukan pencegahan.

B). Perawatan rambut panjang agar tidak rontok dengan melakukan keramas yang benar:
Jika anda sebelumnya melakukan keramas hanya dengan seadanya, mulai saat ini perhatikan betul cara keramas anda, cara keramas yang salah juga dapat menyebabkan rambut anda rontok dan tidak sehat:
1. Pakai Minyak Kemiri
Bila Anda mau, gunakan minyak kemiri sekitar 30-45 menit sebelum keramas. Oleskan dan pijatkan minyak pada rambut selama 15 menit. Pada terapi awal biasanya rambut akan rontok, namun setelah dilakukan secara rutin selama 1-2 minggu, biasanya akan kelihatan hasilnya. Setelah dipijat, biarkan 30 menit. Lalu keramas seperti biasa.

2. Keramas Dengan Air Dingin
Pilihlah keramas menggunakan air hangat kuku atau air dingin. Air hangat mudah membuat pori-pori terbuka dan membuat reaksi kimia dari shampoo berdampak pada rambut kita. Keramas dengan air dingin bisa meminimalisir jumlah rambut yang rontok, mengurangi minyak di kepala dan menjadikan kulit kepala segar.

3. Rambut Kusut? Basahi Dengan Air dan Kondisioner
Jangan memaksa mengeramasi rambut yang kusut. Lembutkan dulu dengan membasahinya dan memberi kondisioner. Sayang banget kalau harus memaksa keramas karena akan menambah jumlah rambut yang rontok.

4. Kapan Harus Memijat Rambut?
Bila Anda belum mengalami rontok parah, keramaslah dengan cara memijat kulit kepala. Namun bila Anda sudah mengalaminya, usap dengan lembut. Memijat rambut yang rontok hanya akan membuat rambut rontok lebih banyak.

5. Sehabis Keramas Berikan Hair Tonic
Setelah rambut setengah kering, berikan hair tonic untuk menguatkan akar rambut. Memberikan tonic saat rambut setengah kering bisa membantu menguatkan rambut dari dalam. Pastikan selalu menggunakan tonic saat rambut setengah kering, bukan pada saat rambut kering.

C). Menggunakan bahan alami sebagai masker rambut untuk merawat rambut rontok anda:
1. Masker rambut dari bawang merah
Bawang merah dikatakan dapat membantu mengatasi problem kerontokan rambut. Sekalipun ia terasa pedih dan sedikit pedas, namun ia dengan intensif mengurangi kerontokan rambut dari hari ke hari.
Bahan:
3 siung bawang merah, dikupas kemudian diiris tipis
1 sdm minyak zaitun
Caranya:
  • Campurkan semua bahan kemudian massage lembut di kulit kepala
  • Diamkan selama 10 menit kemudian bungkus dengan handuk
  • Untuk hasil maksimal, biarkan selama semalaman rambut dimasker dengan bawang di dalam handuk. Keesokan harinya baru boleh keramas seperti biasa.
  • Bilas dengan air hangat.
Anda bisa mengulangi cara ini setiap seminggu sekali agar hasilnya memuaskan.

2. Masker rambut dari minyak alami
Minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak almond memiliki kelebihan dalam perawatan rambut. Apabila diaplikasikan di bagian akar, maka dapat membuat rambut menjadi indah, lembut, lembab, serta membantu mengurangi kerontokannya.
Bahan:
1 sdm minyak zaitun
1 sdm minyak almond
1 buah wortel parut
Caranya:
  • Campur semua bahan menjadi satu, kemudian aplikasikan dan massage di seluruh bagian kulit kepala hingga ke ujung rambut
  • Minyak akan lebih efektif apabila dihangatkan terlebih dahulu. Namun apabila Anda takut terlalu panas, maka Anda bisa menggosokkannya saja di telapak tangan.
  • Setelah dimassage, bungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan selama 2 jam.
  • Setelah itu, cuci rambut dengan shampoo dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Masker rambut dari madu
Lagi-lagi madu ini dapat membantu merawat rambut dengan maksimal. Dengan mencampurkannya bersama telur, maka Anda bisa mengurangi kerontokan rambut serta merawat rambut yang rusak.
Bahan:
1 sdm madu
1 butir telur ayam kampung
Caranya:
  • Campur kedua bahan menjadi satu hingga rata, kemudian aplikasikan ke seluruh rambut sambil dimassage.
  • Tutup dengan handuk hangat atau shower cap kemudian biarkan selama 2 jam
  • Keramas seperti biasa dengan shampoo dan ulangi beberapa kali karena umumnya ramuan ini agak lengket. Agar lebih mudah menghilangkannya Anda bisa menggunakan air hangat

4. Masker rambut dari teh
Buat campuran ramuan dari teh celup yang biasa Anda pakai dengan sedikit air panas dan 2-3 tetes minyak rosemary. Biarkan selama 15 menit hingga agak dingin.
Kemudian setelah dingin aplikasikan pada seluruh bagian rambut, dari kulit kepala hingga setiap batang rambut. Perlahan saja sambil dimassage. Biarkan selama 30-45 menit.
Keramas seperti biasa, dan Anda akan mendapatkan rambut yang lembut, halus serta wangi teh.

Dengan 3 perawatan alami diatas semoga kerontokan rambut panjang anda berkurang, sehingga rambut terlihat tebal dan sehat. terimakasih sudah membaca artikel kami tentang cara agar rambut tidak rontok.

Related articles Rambut Rontok