Monday, December 31, 2018

Obat Penghilang Bau Kotoran Kambing

Memelihara kambing memang sangat menguntungkan, namun masalah akan timbul jika kotoran kambing sudah menumpuk dan mengeluarkan bau yang kurang sedap, apalagi letak kandang yang dekat dengan pemukiman pastinya akan ada tetangga yang datang dan komplain dengan kondisi bau tersebut.
Image courtesy of AKARAKINGDOMS at FreeDigitalPhotos.net
Banyak solusi yang bisa anda lakukan guna mengatasi kotoran kambing yang bau, dan berikut ini rangkumannya.
1. Menggunakan EM4
EM4 merupakan sebuah produk cairan bakteri yang bisa anda peroleh di toko pertanian, untuk menghilangkan bau kotoran kambing anda bisa membeli EM4 yang di peruntukkan untuk dicampurkan pada pakan kambing atau EM4 yang digunakan untuk pembuatan kompos. Kedua jenis EM4 itu sama-sama ampuh untuk atasi bau kotoran kambing. Untuk EM4 kompos bisa disemprotkan pada tumpukan kotoran kambing setiap 1-2 kali dalam sebulan untuk mencegah bau.

2. Mengurai kotoran
Kotoran kambing mengeluarkan bau kurang sedap umumnya disebabkan oleh terjadinya fermentasi yang dilakukan oleh bakteri anaerobik (tanpa udara), agar bakteri ini tidak dapat berkembang biak maka cara sederhana yang bida anda lakukan adalah mengurai kotoran kambing yang telah menumpuk dan kemudian menjemurnya.

3. Letak kandang strategis
Letak kandang kambing juga sangat mempengaruhi munculnya bau kurang sedap pada kotoran. Usahakan kandang terkena panas pada pagi dan sore hari agar kondisi kandang selalu kering dan kotoran menjadi cepat mengering.

4. Pakan fermentasi
Pada kambing yang diberi makan pakan fermentasi sudah dapat dipastikan tidak akan menghasilkan kotoran yang bau, hal ini terjadi karena sebagian bakteri fermentasi /bakteri baik pada pakan juga ikut keluar bersama kotoran sehingga menjadikan bakteri anaerobik penghasil bau kurang sedap tidak dapat berkembang biak.