Monday, December 31, 2018

Cara Meluruskan Kaki O Dengan Cepat

Kaki O adalah sebuah kondisi kaki dimana lutut tetap terbuka lebar walaupun seseorang berdiri tegak dan telapak kaki telah dirapatkan. Kaki O umumnya diderita pada anak-anak sampai usia dua tahunan, namun pada beberapa kasus kaki O yang terjadi pada anak kecil bisa terbawa sampai usia dewasa.
Image courtesy of Krzysztof  at freeimages.com
A. Penyebab kaki O
Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang mengalami bentuk kaki O, mulai dari faktor pertumbuhan, penyakit tulang, hingga karena kekurangan vitamin D.

1. Pertumbuhan
Anak yang memiliki bentuk kaki O saat usia sekitar 2 tahunan bisa dikatakan normal, hal ini dikarenakan pada usia tersebut anak kecil masih belum mengalami pertumbuhan tulang secara maksimal dan bentuk kaki O tersebut akan hilang dengan sendirinya seiring dengan masa pertumbuhan.

2. Kekurangan vitamin D
Jumlah asupan vitamin D juga sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan tulang, anak kecil yang kekurangan asupan vitamin D akan sangat kesulitan dalam proses penyerapan zat mineral seperti kalsium dan fosfor yang sangat penting dalam perkembangan tulang.

3. Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan salah satu penyakit tulang dimana terjadi proses pengikisan tulang muda/ rawan pada orang dewasa (usia 45 tahun keatas). Pada kaki O yang disebabkan oleh osteoarthritis, pengikisan terjadi pada tulang rawan lutut dan proses pengikisan hanya terjadi pada bagian dalam sehingga kaki yang tadinya berbentuk normal pada akhirnya akan berubah bentuk menjadi O.

4. Blount
Blount adalah sebuah kelainan pertumbuhan tulang tungkai bawah pada anak kecil, kondisi ini muncul dikarenakan anak terlalu dini belajar berjalan, dan jika dibiarkan tanpa perawatan kondisi ini akan terbawa sampai dewasa.

B. Cara meluruskan kaki O
Untuk meluruskan kaki O langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksakan langsung pada dokter ahli, dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga dapat menemukan apa yang menjadi penyebab utama kaki berbentuk O.

Kaki O yang disebabkan karena masa pertumbuhan tidak akan membutuhkan penanganan berarti, cukup memberi anak makanan yang mengandung nutrisi seimbang maka kaki O tersebut akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan kaki O yang disebabkan oleh faktor lainnya biasanya akan dilakukan penanganan seperti berikut:

1. Penggunaan alat penyangga tulang

2. Penggunaan spatu khusus

3. Pembedahan tulang

4. Pemberian suplemen vitamin D

5. Dan pemijatan

Apabila anda memiliki anak kecil dan tidak ingin kakinya berbentuk O maka anda bisa melakukan pencegahan dengan cara memberi makanan bernutiri yang kaya akan kandungan protein, mineral, dan vitamin D, hindari membedong anak, dan hindari membungkus kaki anak dengan kaos kaki ketat.

Meluruskan kaki O tidak dapat dilakukan secara cepat, biasanya proses penyembuhan membutuhkan waktu lama sekitar 3 sampai 12 bulan tergantung usia pasien dan faktor penyebabnya.