Sunday, December 23, 2018

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Kambing

Usaha ternak kambing/domba merupakan salah satu usaha menjanjikan, pemeliharaan mudah dan resiko usaha yang terbilang kecil membuat banyak orang melakukan usaha ini di pedesaan.

Salah satu penyakit yang sering diderita kambing berupa sakit mata (pink eye), ditandai dengan mata terlihat memutih sampai keruh, berair, keluar nanah, dan kambing kesulitan untuk melihat.

designed by Brgfx - Freepik.com

Sakit mata pada kambing disebabkan karena mata luka terkena pakan atau hal lainnya dan membuat bakteri dari luar masuk kedalam lapisan mata dan berkembang biak.

Cara mengobati sakit mata kambing:
1. Obat herbal
Anda bisa mencoba mengobati sakit mata kambing dengan bahan alami tradisional, kelebihan cara ini mungkin lebih alami dan murah, sedangkan kelemahannya adalah untuk sembuh total membutuhkan waktu yang sangat lama.

2. Obat antibiotik
Dengan menggunakan obat antibiotik penanganan sakit mata kambing menjadi sangat mudah, anda bisa menggunakan obat tetes mata dengan kandungan antibiotik untuk manusia atau menyuntikkan obat antibiotik khusus ternak.

Obat tetes mata antibiotik anda bisa membelinya di toko apotik terdekat, aplikasikan setiap dua hari sekali, biasanya setelah pemberian yang ke 3 kali mata kambing akan sembuh dengan sendirinya. Contoh obat: erlamycetin.

Obat antibiotik yang disuntikkan juga sangat ampuh mengobati sakit mata, berikan kambing suntikan antibiotik sekali saja dengan dosis sesuai anjuran pemakaian. Biasanya sekitar seminggu mata kambing akan kembali normal. Anda bisa menggunakan jasa dokter hewan atau menyuruh orang yang ahli dalam bidang ini.