Sunday, December 23, 2018

Lebih Baik Susu UHT Atau Susu Bubuk?

Saat ingin membeli susu untuk konsumsi harian pastinya kalian pernah berfikir lebih baik mana antara susu UHT dan susu bubuk?
designed by Kamranaydinov - Freepik.com

Susu UHT adalah susu yang diproses dengan temperatur suhu tinggi (135-145 derajat celsius dalam 2-5 detik) sehingga mikroorganisme kecil berupa bakteri dan virus perusak susu akan mati pada suhu tersebut. Susu ini dapat disimpan dan dapat bertahan lama diluar lemari kulkas dalam kurun waktu 6 sampai 9 bulan.

Susu bubuk adalah bubuk yang terbuat dari susu cair dengan beberapa proses pemanasan dan penguapan sampai susu memiliki kadar air 2-4%, dalam proses pembuatanya susu diberi tambahan bahan lain untuk memperkaya gizi dan rasa.

Pilih susu UHT atau susu bubuk?
Banyak para ahli gizi telah melakukan berbagai penelitian terhadap berbagai jenis susu yang dijual di pasaran. Dan hasilnya adalah susu dengan proses pengolahan yang lebih sedikit memiliki manfaat lebih baik dibandingkan dengan susu yang harus melewati banyak proses pengolahan.

Dalam proses pengolahannya, susu UHT hanya mengalami proses pemanasan untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya, sedangkan susu bubuk selain harus mengalami proses pemanasan juga harus melalui proses penguapan dalam waktu lama yang dapat merusak kandungan nutrisi penting berupa protein dan vitamin.

Usia yang cocok untuk konsumsi susu UHT
Susu UHT dapat diberikan pada bayi usia 2 tahun keatas, karena pada saat usia 1 tahunan bayi masih belum memiliki sistem pencernaan maksimal, dan jika diberikan susu UHT malah akan berdampak buruk pada kesehatan bayi.

Susu UHT juga cocok untuk diberikan pada anak beranjak dewasa, remaja, orang tua dan sampai lansia.