Sunday, December 23, 2018

6 Penyebab Gigi Keropos Usia Muda

Masih muda namun banyak gigi yang berlubang dan keropos? Anda tidak sendiri, banyak orang mengalami kejadian ini, gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi menjadi faktor utama penyebab keropos, namun selain kedua faktor tersebut banyak faktor lainnya yang berperan terhadap keroposnya gigi, dan berikut diantaranya:
designed by Benzoix - Freepik.com

1. Gaya hidup tidak sehat
Banyak orang tidak menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukan tiap hari akan berdampak buruk pada kesehatan gigi. Suka mengkonsumsi makanan manis, menyikat gigi terlalu keras, membuka sesuatu dengan gigi, dan memakai tusuk gigi merupakan hal buruk yang bisa merusak enamel lapisan luar gigi.

2. Kurang mengkonsumsi makanan bernutrisi
Pada saat usia muda tubuh terutama tulang membutuhkan asupan nutrisi tinggi terutama protein dan mineral, jika anda kurang mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kedua zat tersebut maka sudah dapat dipastikan gigi menjadi mudah kropos dan rapuh.

3. Pernah mengalami karies
Gigi yang pernah terkena karies dan berlubang, serta tidak dengan segera di tembel maka bakteri penyebab karies akan menyebar ke gigi lainnya kemudian menyebabkan karies pada gigi yang sehat. Periksakan secara rutin gigi anda setiap 6 bulan sekali untuk mencegah dan membersihkan kerak-kerak gigi.

4. Sikat gigi tidak tepat
Bentuk yang kurang tepat dan jarangnya mengganti sikat gigi juga menyebabkan gigi mudah sekali berlubang, hindari sikat dengan bentuk rata karena kurang menjangkau sela gigi dan gantilah sikat tiap 3-4 bulan sekali, karena pada sikat yang jarang diganti akan terkumpul bakteri dan kotoran dibawah rambut sikat.

5. Tidak pernah terkena sinar matahari pagi
Sinar matahari pagi sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Saat sinar mengenai kulit, tubuh akan memproduksi vitamin D yang penting bagi tulang dan gigi. Vitamin D berperan penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan memperkuat tulang dan gigi dari dalam.

Terkena sinar matahari kurang lebih 15 menit selama 2-3 hari dalam seminggu sudah mampu membuat tubuh memproduksi vitamin D dalam jumlah besar.

6. Sikat gigi teratur
Gosoklah gigi anda secara teratur setelah anda selesai makan, namun jika tidak sempat maka usahakan untuk menggosok gigi setiap selesai sarapan dan malam saat akan pergi tidur.