Monday, December 24, 2018

Cara Menghilangkan Stress Dengan Cepat

Stress adalah rasa khawatir, was-was, dan cemas berlebih yang dirasakan secara terus menerus oleh seseorang berkaitan dengan kondisi kehidupannya sehari-hari.

Stress berat akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang mulai dari mengakibatkan keringat dingin, jantung berdetak kencang, merasa lelah, nafas tersengal, hingga jatuh sakit.

Cara menghilangkan stress
Merubah aktifitas rutin sehari-hari merupakan cara ampuh untuk menghilangkan stress, lakukan aktifitas berikut untuk mengurangi pikiran stress anda:
1. Berolahraga
Lakukan olahraga rutin setiap hari selama kurang lebih 15-30 menit, dengan berolahraga rutin maka tubuh akan menurunkan hormon kortisol dan epineprin yang merupakan hormon penyebab depresi.

2. Liburan
Lakukan perjalanan wisata misalnya ke pantai, gunung, atau ke taman bermain. Dengan berwisata maka pikiran kita akan teralihkan dari hal-hal yang membuat kita stress.

3. Pijat
Pijat merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Selain dapat menghilangkan rasa pegal-pegal pada tubuh, pijat juga dapat melancarkan aliran darah dan menghilangkan stress.

4. Mengobrol
Stress umumnya diderita oleh mereka yang suka menyendiri dan tidak memiliki teman bicara, gabunglah komunitas tertentu seperti komunistas memancing, motor dan sebagainya untuk berbagi pikiran dan pendapat.

5. Ibadah
Hal terakhir yang wajib anda lakukan adalah merubah cara beribadah anda, misalnya bagi umat Islam yang sebelumnya hanya melakukan sholat di rumah maka mulai saat ini anda bisa sholat di masjid terdekat.

Dengan beribadah secara teratur, pikiran dan hati kita akan menjadi lebih tenang.

Selain 5 hal diatas, anda juga bisa mencoba berbagai kegiatan positif lainnya yang dapat meringankan stress yang diderita, mulai dari mendengarkan musik, melakukan kegiatan sosial, menonton komedi, dan melakukan aktifitas hobi.