Monday, December 24, 2018

Cara Mengatasi Bunga Jambu Biji Rontok

Jika buah jambu biji dulu dianggap buah yang tidak memiliki harga, beda halnya dengan jaman sekarang. Buah jambu biji terutama jambu biji merah, kristal, dan bangkok memiliki banyak peminat dan harganya pun juga cukup menggiurkan.

Melakukan budidaya buah jambu biji bisa dilakukan pada lahan sempit atau bahkan bisa ditanam didalam pot. Perawatan yang mudah dan murah membuat tanaman ini bisa dijadikan sebagai penghasilan sampingan.

Tanaman buah jambu biji walaupun tidak membutuhkan perawatan ekstra, namun bukan berarti menanam tanaman ini tidak memiliki kendala. Bunga yang seharusnya dapat menjadi buah namun ditengah jalan bisa rontok begitu saja.

Berikut beberapa tips dan cara mengatasi bunga jambu biji agat tidak rontok dan berhasil menjadi buah.
1. Memberi pupuk
Kondisi tanah kurang subur dan kurangnya nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman jambu untuk menghasilkan buah merupakan faktor utama bunga jambu rontok.

Lakukan pemupukan rutin buah jambu tiga bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1 sendok teh jika tanaman masih kecil, dan 2-3 sendok teh untuk tanaman yang sudah besar.

Berikan juga pupuk kompos dari kotoran ayam atau sapi guna mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman jambu dan menyuburkan tanah.

2. Pemotongan cabang ranting
Lakukan pemangkasan cabang yang terlalu panjang, tidak memiliki ujung tunas hijau, dan yang terdapat bunganya. Untuk cabang yang terdapat bunga maka potonglah cabang pada bagian atas bunga.

Pemangkasan cabang berguna untuk peremajaan dan pemusatan nutrisi yang sebelumnya dibuat untuk pertumbuhan tunas ujung, setelah dipotong nutrisi akan digunakan untuk membesarkan buah.

3. Pemberian air
Jika jambu biji ditanam dalam pot maka hindari memberikan air saat siang hari dan dalam jumlah yang terlalu banyak, sedangkan untuk tanaman jambu biji yang ditanam langsung ke tanah usahakan tidak terendam air saat hujan tiba.

4. Membasmi hama
Lakukan penyemprotan pestisida rutin setiap 1 bulan sekali untuk mencegah hama kutu putih/cabuk dan semut hitam menyerang bakal buah.

Demikian empat cara ampuh untuk mengatasi bunga jambu yang rontok, selamat mencoba.