Monday, December 24, 2018

Tips Agar Tangki Motor Tidak Kemasukan Air

Pemilik motor dengan tangki di depan pastinya tidak asing lagi dengan masalah tangki kemasukan air. Motor yang tiba-tiba brebet dan mati atau tenaga motor yang loyo merupakan salah satu tanda bahwa motor anda kemasukan air.

Tangki motor yang seharusnya bersih dari kotoran agar proses pembakaran berjalan dengan sempurna dengan adanya kemasukan air maka sudah dapat dipastikan mesin tidak dapat bekerja dengan sempurna dan muncullah gangguan seperti mesin mbrebet dan mati.

Berikut beberapa tips ampuh mencegah air masuk kedalam tangki motor:
1. Pengisian BBM
Pada beberapa kasus, pom bensin secara tidak sengaja menjual bahan bakar mereka yang tercampur oleh air. Air bisa masuk karena tempat penyimpanan pom yang bocor atau air meresap kedalam tangki penyimpanan secara sedikit demi sedikit kemudian mengendap dibawah.

2. Hindari menyemprot air
Air juga bisa masuk saat proses pencucian motor, hindari menyemprotkan air bertekanan tinggi pada mulut tangki agar air tidak masuk lewat lubang kunci atau sela-sela tutup tangki.

3. Karet tutup tangki
Karet sil yang terdapat pada penutup tangki motor memiliki fungsi yang sangat penting, karet ini berfungsi untuk mengatur aliran udara didalam tangki dan mencegah air yang ingin masuk kedalam tangki. Seiring dengan usia motor dan getasnya karet sil, penutup tangki bisa mengalami kerusakan dan mengakibatkan air bisa masuk kedalam.

Gantilah karet sil motor jika dirasa karet tersebut sudah getas dan rusak.

4. Gunakan kresek
Anda bisa menghidari masuknya air lewat penutup tangki baik saat hujan ataupun saat mencuci motor dengan memakai kresek. Sediakan kresek atau plastik serta karet gelang di saku tas anda saat bepergian.

5. Tempat parkir
Pilihlah tempat parkir yang kering terutama saat musim penghujan, namun jika anda terpaksa memarkirkan kendaraan dibawah guyuran hujan maka pilihlah tempat parkir yang jauh dari talang air yang aliran airnya langsung mengenai tutup tangki.