Langkah Cara Merawat Rambut Kering Akibat Rebonding

Langkah Cara Merawat Rambut Kering Akibat Rebonding - Pada artikel kali ini akan dibahas secara mendetail tentang cara merawat dan perawatan alami rambut kering akibat rebonding, mungkin banyak diantara kita yang pernah mellihat wanita yang sebelumnya memiliki rambut yang bagus dan indah, namun untuk beberapa saat melihatnya lagi namun keadaan rambutnya menjadi rusak (kering, bercabang, rontok dan sebagainya).

Salah satu cara yang biasa dilakukan para wanita untuk mendapatkan rambut impiannya adalah dengan melakukan rebonding. Namun sayangnya, rebondinghanya membuat rambut indah di awal. Seiring berjalannya waktu, apabila tidak diimbangi dengan perawatan yang rutin, rambut yang direbonding justru akan terlihat kering, kusam, rusak, dan bercabang. Biasanya bila sudah begini wanita akan menyesal merebonding rambutnya dan justru menginginkan rambut lamanya kembali.

A. Kenali penyebab rambut menjadi kering selain rebonding
Selain rebonding banyak faktor yang berkontribusi menjadikan rambut Anda menjadi rusak, seperti :
1.Rambut terlalu sering di bleaching, dyeing, dikeriting.
2.Mencuci rambut terlalu sering
3.Menggosok rambut terlau Keras
4.Menggunakan pengering dan styling
5.Terlalu lama terkena sinar matahari
6.Bahan kimia dan polutan dalam air
Faktor internal yang dapat merusak rambut termasuk pola makan yang buruk,stres,insomnia dan anemia,kekurangan vitamin terutama selama kehamilan dan masa menyusui.


Rambut ibarat sebuah mahkota bagi wanita. Tentu semua wanita menginginkan memiliki rambut yang sehat bercahaya serta mudah diatur. Sayangnya masih banyak kaum perempuan belum mengetahui perawatan rambut yang baik dan benar. Penggunaan smoothing/ rebonding sebaiknya diikuti dengan tindakan hair spa yang rutin dan sesuai. Umumnya Anda sudah bisa melakukan hair spa tiga hari sesudah di-rebonding. Jadwal hair spase lanjutnya bisa ditanyakan ke dokter ahli kecantikan karena akan disesuaikan dengan kondisi rambut Anda. Manfaat hair spa adalah melembutkan rambut sekaligus membuat rileks. Hair Spa bisa membuat kondisi rambut Anda sehat kembali dan tidak perlu melakukan keramas dengan conditioner lagi.

Pergi ke hair spa pastinya akan menguras kantong anda, namun jangan khawatir apabila anda ingin melakukan perawatan rambut rusak sendiri akibat rebonding, kali ini saya akan berbagi caranya secara lengkap untuk mengembalikan kelembapan dan kesehatan rambut rusak anda.

B. Cara merawat rambut kering akibat rebonding yang benar:
1. Jangan menggunakan alat/ mesin pengering rambut 
Mesin pengering rambut dapat merusak jaringan rambut dan kulit kepala bahkan dalam kondisi rambut normal (tidak direbonding). Penggunaan pengering rambut akan sangat terlihat dampaknya jika rambut direbonding. Jika memaksakan diri menggunakan mesin pengering, atur ulang tingkat kepanasannya pada titik yang terendah. Lebih disarankan agar membiarkan rambut rebonding kering secara alami di tempat yang teduh.

2.  Jangan menggaruk kepala
Menggaruk kepala bukan hanya menandakan kondisi rambut yang tidak sehat, tapi aktivitas unik dan enak bagi sebagian orang ini tentu sangat tidak disarankan untuk rambut rebonding. Garukan yang disertai “kenikmatan” pada rambut yang direbonding akan sangat merusak kulit kepala dan bahkan merusak jaringan rambut hasil rebonding yang mengakibatkan ketombe.

3. Menggunakan shampo sesuai kebutuhan/ kondisi rambut
Cara merawat rambut rebonding , untuk mempertahankan hasil rebonding, sebaiknya gunakan sampo perawatan khusus yang disarankan sesuai dengan kondisi rambut.

4. Biasakan mamakai sisir bergigi jarang
Sikat yang bergigi padat sangat mungkin merusak rambut. Hal ini bukan hanya berlaku untuk rambut rebonding, karena dalam kondisi normalpun (tidak direbonding) rambut sangat rentan patah dan menimbulkan permukaan rambut yang kasar jika menggunakan sisir bergigi padat. Barangkali menggunakan sisir bergigi padat hanya cocok untuk mereka yang memiliki formasi dan struktur rambut tebal dan kuat, itu pun hanya untuk rambut pendek. Khusus untuk rambut rebonding, menggunakan sisir rambut yang bergigi jarang pun bukan jaminan rambut tidak rusak atau patah. Apalagi cara menyisirnya tidak benar, terlebih rambut dalam kondisi kering. Untuk itu, menyisirlah dengan hati-hati dan pola yang benar, serta pastikan rambut dalam kondisi basah.

Setelah mengetahui cara merawat rambut kering akibat rebonding diatas, pastinya rambut rusak anda tidak akan bertambah parah, namun untuk mengembalikan kondisi rambut anda menjadi sehat kembali, perlu dilakukan beberapa perawatan alami untuk menutrisi rambut anda.

C. Perawatan Alami Untuk Merawat Rambut Kering Akibat Rebonding
Pertama, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, potonglah rambut Anda menjadi pendek. Hal ini bertujuan untuk membuang rambut-rambut Anda yang rusak akibat bondingan. Sehingga bila panjang nanti, rambut Anda akan kembali indah.

Kedua, lakukanlah perawatan rambut secara rutin dengan menggunakan lidah buaya. Caranya cukup mudah, pertama, ambillah beberapa batang lidah buaya kemudian singkirkan gerigi-gerigi yang terdapat dipinggir lidah buaya menggunakan pisau. Setelah semua gerigi tajam dihilangkan, belah lidah buaya menjadi dua bagian. Kemudian, remukka lah lidah buaya yang telah Anda belah tadi dengan tangan.
Lalu remas lidah buaya sampai lidah buaya tersebut mengeluarkan lendir. Nah, lendir itulah yang harus kita usapkan pada rambut kita yang sebelumnya telah kita basahi. Ratakan lendir tersebut ke seluruh bagian rambut dan usahakan agar lendir tersebut mengenai rambut kita secara merata dan menyeluruh. Lendir ini agak sedikit berbau, untuk itu kita bisa mensiasatinya dengan menambahkan madu atau cream hair mask sehingga bau dari lendir tersebut bisa ternetralisir. Setelah itu, diamkan selama beberapa saat lalu bilaslah rambut dengan menggunakan shampoo. lidah buaya akan menutrisi dan melembabkan kembali rambut kering anda.

Ketiga, setelah menggunakan rangkaian perawatan lidah buaya di atas, apabila rambut sudah kering gunakanlah vitamin rambut agar rambut terlihat makin sehat dan indah.

Keempat, lakukanlah creambath dua minggu sekali agar rambut makin terawat. 

Kelima, potonglah rambut setiap 3 bulan sekali untuk menghindari ujung-ujung rambut yang bercabang.

Anda juga membaca artikel sebelumnya yang membahas tentang cara merawat rambut alami dengan kemiri.

Related articles Rambut Kering