Bagaimana Cara Menghilangkan Rambut Bercabang yang Parah?

Cara Merawat Rambut - Bagaimana Cara Menghilangkan Rambut Bercabang yang Parah? - Pernah mengalami masalah rambut ini? Rambut bercabang memang kebanyakan dialami oleh para wanita, mungkin rambut yang panjang menjadi faktor utama penyebab rambut anda bercabang dan terlihat rusak, selain faktor utama tersebut, banyak pula faktor lain yang menjadi penyebab rambut menjadi bercabang, apa saja faktor tersebut? sabar...kita pasti akan membahasnya di artikel ini kok, hehe....untuk mengatasi rambut bercabang pun sebenarnya mudah, yakni dengan melakukan perawatan sederhana sendiri di rumah yang pastinya tepat untuk menghilangkan rambut bercabang. untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dalam artikel yang sudah saya rangkum berikut:

A. Penyebab Rambut Bercabang
Rambut bercabang muncul karena kurangnya nutrisi yang seharusnya sampai hingga ujung rambut. Ketika kutikula rambut pada bagian ujung kering, maka helai rambut akan patah, inilah penyebab rambut bercabang. Rambut bercabang tidak hanya jelek dilihat, tetapi juga menghambat pertumbuhan rambut.

Apa saja faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab rambut menjadi bercabang:

Kekurangan Nutrisi 
Faktor nutrisi adalah penyebab yang paling umum terjadinya kerusakan pada rambut. Untuk menghindari rambut bercabang, banyak-banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan vitamin E. Nutrisi bagi rambut juga bisa diperoleh dari shampo. Pilihlah shampo yang memiliki kandungan mineral seng (zinc) agar rambut anda tidak mudah kering dan bercabang.

Terlalu Sering Keramas 
Keramas menggunakan shampo sebenarnya sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan rambut. Namun jika digunakan secara berlebihan, shampo justru akan membuat rambut menjadi kehilangan kelembabannya. Sebaiknya jangan menggunakan shampo dengan frekuensi yang terlalu sering. Keramas setiap 2 hari sekali saja sudah cukup untuk menjaga kesehatan rambut anda.

Penggunaan Pengering Rambut Berlebihan 
Rambut bercabang terjadi karena kondisi rambut yang terlalu kering sehingga ujung-ujung rambut menjadi mudah bercabang. Penggunaan alat-alat pengering rambut seperti hair dryer dan catok akan menyebabkan rambut terlalu cepat kehilangan kelembabannya sehingga batang-batang rambut menjadi kering dan bercabang.

Kebiasaan Buruk 
Mungkin anda tidak menyadari jika kebiasaan-kebiasaan seperti menyisir rambut saat basah, mengikat rambut terlalu lama, serta membiarkan rambut berada di tempat yang kering ternyata memberikan efek buruk pada rambut. Udara yang kering seperti di ruangan ber-ac atau dibawah terik matahari akan mengakibatkan rambut kehilangan kelembabannya sedangkan menggunakan pengikat rambut terlalu lama bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh yang pada akhirnya akan mengakibatkan rambut bercabang.

Rambut yang Panjang 
Sepertinya memang sudah menjadi hukum alam jika rambut panjang akan lebih mudah bercabang. Hal ini disebabkan karena minyak yang diproduksi oleh kulit kepala tidak sampai diserap oleh bagian ujung rambut, sehingga ujung rambut menjadi kurang ternutrisi. Untuk mensiasatinya, gunakanlah produk-produk perawatan rambut seperti hair mask dan hair serum agar ujung rambut juga tetap mendapatkan nutrisi.

Penggunaan Pewarna Rambut 
Bahan pewarna rambut dapat menyerap minyak-minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala, sehingga akan mengakibatkan rambut menjadi kering. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah penggunaan bahan pewarna rambut jika tidak ingin rambut anda menjadi mudah rusak.
Gambar rambut yang bercabang

B. Untuk mengatasinya (cara menghilangkan rambut panjang), lakukan perawatan berikut ini:
  • Gunakan sampo dan conditioner sesuai jenis rambut.
  • Sebulan ini, usai keramas, jangan dikeringkan dengan hairdryer, gunakan handuk saja.
  • Jangan terlalu sering berada di bawah panas matahari, dan kenakan pelindung seperti topi atau payung.
  • Gunakan sisir bergigi jarang agar gesekan pada rambut tidak semakin memperparah kondisi rambut bercabang.
  • Perbanyak mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, sayuran, dan  buah untuk menutrisi rambut.
  • Dua hari sekali, gunakan serum rambut yang mengandung keratin filler dan hyaluronic acid yang berkhasiat memperbaiki kondisi serat rambut yang telah rapuh dan mengendalikan kelembapan sel batang rambut, sehingga helaian rambut menjadi lembut dan kuat. 
  • Gunting ujung rambut bercabang, lalu lakukan perawatan agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.
  • Gunakan masker khusus untuk rambut bercabang yang dapat memberi kelembaban alami pada rambut. Lakukan seminggu sekali.
Sekian artikel terkait menghilangkan rambut bercabang yang parah, semoga bermanfaat. Baca juga posting artikel kami sebelumnya yang berjudul: bahan alami untuk rambut: bagaimana cara menutrisi rambut yang benar dengan bahan alami.

Related articles Rambut Bercabang