Saturday, January 19, 2019

5 Cara Mengusir Tikus Yang Merajarela

Tikus merupakan hewan pengerat yang sering menjadi penganggu di dalam rumah selain kecoak dan semut, keberadaannya sering kali dianggap hama karena dapat merusak berbagai hal mulai dari makanan hingga peralatan listrik.

Tikus pun memiliki jenis yang beragam, mulai dari tikus putih, tikus curut, tikus rumahan, dan banyak lainnya. Sedangkan jenis tikus yang sering menjadi hama didalam rumah adalah jenis tikus rumahan, tikus ini jika sudah dewasa ukuranya bisa sebesar kepalan tangan orang dewasa, bisa loncat, dan memanjat pada tempat yang paling sulit pun seperti tembok.
Image courtesy of Adam Davis at freeimages.com
A. Cara mengusir tikus paling ampuh
Mengusir tikus bukanlah hal sulit, beberapa cara bisa anda lakukan mulai dari memasang perangkap hingga menggunakan bahan alami, namun cara berikut ini dianggap yang paling efektif dan sudah dipraktekkan oleh admin blog 'Cara Kamu' serta telah terbukti ampuh membasmi tikus.
1. Menggunakan perangkap
Menggunakan perangkap merupakan cara termudah untuk membasmi tikus dirumah. Selain lebih simpel pemasangannya, dengan menggunakan perangkap maka tikus yang terkena jeratan bisa langsung dibuang. Perangkap tikus yang dijual dipasaran memiliki jenis dan bentuk beraneka ragam, dan perangkap dengan bentuk keranjang kotak dan terbuat dari besi merupakjan perangkap paling efektif, anda bisa membeli jenis prangkap ini di pasar atau toko barang pecah belah terdekat, umpan paling ampuh untuk digunakan berupa daging kelapa tua yang dibakar. Letakkan perangkap pada tempat yang sering di lalui tikus seperti dapur, plafon, dan saluran air pembuangan.

2. Menggunakan lem tikus
Lem tikus juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi tikus dirumah, beli lem tikus yang berupa lembaran papan kertas, letakkan pada bagian rumah yang sering dilalui tikus, jika ada tikus yang terperangkap maka kalian bisa membuang lem tikus tersebu atau memotongnya pada bagian yang pernah terinjak tikus dan memakainya lagi. Usahakan tangan sampai menempel pada tikus agar saat hendak melewati lem tikus tidak curiga.

3. Menggunakan obat tikus
Banyak sekali obat tikus yang bisa anda beli di toko pertanian mulai dari yang berbentuk bubuk halus sampai obat tikus yang bentuknya seperti sabun mandi yang harum, obat tikus biasanya digunakan pada tempat-tempat yang sulit kita jangkau seperti plafon rumah dan dibawah tumpukan kayu, namun satu kelemahan dari menggunakan obat tikus ini, dimana tikus yang sudah terkena obat bisa mati dimana saja pada bagian rumah dan jika membusuk baunya sangat mengganggu.  Obat tikus juga sering digunakan oleh petani untuk mengatasi hama tikus saat setelah tanam atau saat akan panen di lahan sawah mereka.

4. Menggunakan kucing
Kucing adalah musuh alami untuk tikus, biasanya rumah yang memelihara kucing sudah dapat dijamin tikus tidak bakal berani mendekat, kalian bisa memelihara kucing anggora atau persia dan jika tidak ingin repot anda tinggal memasukkan kucing liar pada dapur rumah saat jam tertentu dimana tikus mulai banyak berkeliaran. Namun cara ini kurang efektif untuk mengusir tikus curut karena kucing biasanya takut pada jenis tikus ini.

5. Menutup jalan keluar masuk tikus
Cara terakhir yang bisa kalian coba adalah dengan menutup seluruh jalan keluar masuk tikus kedalam rumah, tutup lubang pembuangan air dengan batu, persempit jarak pintu dengan lantai, dan pasang plafon agar tikus tidak dapat turun kebawah.

B. Cara mengusir tikus secara alami
Selain menggunakan kelima cara diatas kalian juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir tikus, menurut admin blog 'Cara Kamu' dengan cara alami ini hanya efektif untuk mengusir tikus pada tempat tertentu pada rumah dan tidak bisa membuat seluruh rumah bebas dari tikus.

Bahan alami yang dipercaya tidak disukai tikus dan membuat mereka pergi adalah kapur barus, lada, bawang, kulit telur, dan cuka. Letakkan salah satu bahan tersebut pada bagian rumah yang sering dilalui tikus seperti lubang pembuangan air, lemari baju, mobil dan tempat lainnya.

C. Cara mengusir tikus di sawah dan kebun
Hama tikus disawah dan dikebun pastinya sangat menganggu usaha petani, biasanya tikus akan memakan tanaman pertanian yang berupa biji-bijian seperti jagung dan padi. Untuk membasmi tikus di sawah caranya sangat mudah, anda bisa menggunakan racun tikus bubuk dan dicampurkan pada biji jagung ditambah ikan asin/gereh uuran kecil sedikit, letakkan biji jangung yang telah dicampur racun tersebut pada lubang-lubang tikus di sawah, biasanya lubang berada di galengan, atau jika hama tikus sudah terlalu banyak anda juga bisa menyebar jagung tersebut secara rata menyeluruh pada lahan sawah.

Selain dengan racun, untuk membasmi tikus disawah bisa dengan cara diasapi, asapi lubang-lubang kecil pada sawah dengan membakar daun kayu dan sebagainya, jika pada lubang memang terdapat tikus sudah dapat dipastikan tikus akan keluar dengan sendirinya, kekurangan dari cara ini adalah membutuhkan banyak tenaga dan biasanya lubang tikus memiliki mulut keluar lebih dari satu yang memungkinkan tikus bisa kabur.

Demikianlah cara membasmi tikus yang bisa kami bagikan semoga bisa membantu mengusir tikus di rumah kalian.