Monday, January 21, 2019

Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Memiliki kendaraan roda empat memang sudah menjadi kebutuhan orang jaman sekarang. Selain bisa membawa penumpang dalam jumlah banyak, dengan memiliki mobil anda tidak akan repot lagi saat membawa barang-barang besar dan banyak.

Membeli mobil bekas second kerkualitas bagi orang awam pastinya sangat susah dan membingungkan, namun bagi orang yang sudah lama berkecimpung dalam dalam dunia jual beli mobil, untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan istimewa serta harganya miring bukanlah hal yang sulit.
Image courtesy of architectphd at FreeDigitalPhotos.net
Tips membeli mobil bekas
Banyak hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin membeli mobil bekas, berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan patokan jika anda ingin membeli mobil bekas yang berkualitas.
1. Melihat harga pasaran mobil bekas
Informasi pertama yang pertama harus anda kumpulkan adalah melihat harga pasaran sebuah mobil bekas, harga mobil bekas satu daerah biasanya berbeda dengan daerah lainnya, cobalah melihat harga mobil bekas melalui media online seperti marketplace facebook, olx, dan sebagainya. Anda juga bisa bertanya ke orang-orang yang biasa berkecimpung di jual beli mobil bekas.

2. Perhatikan daya beli
Kebanyakan orang membeli mobil bekas adalah kondisi keuangan yang kurang mencukupi untuk membeli mobil baru, atau tergiur mobil bekas yang dijual orang dimana kondisinya masih tergolong bagus dan harganya  pun juga tergolong miring. Sebelum membeli mobil bekas maka hal kedua yang wajib anda perhatikan adalah jumlah dana yang tersedia untuk digunakan, kemudian anda baru memastikan jenis mobil second apa yang bisa dibeli dengan uang tersebut.

3. Cari informasi tentang mobil
Jika sudah menentukan merek dan jenis mobil apa yang ingin dibeli, maka langkah selanjutnya yakni mencari informasi terkait tentang mobil bekas tersebut seperti masalah apa saja yang sering dihadapi jika kondisinya bekas, bagaimana perawatannya, jumlah konsumsi BBMnya, karakteristik mobil tersebut, sparepart dan tempat bengkelnya. Anda bisa menannyakan informasi tersebut di forum dan grub online facebook atau kaskus.

4. Mencari mobil bekas
Banyak sekali mobil bekas dijual pada waktu yang bersamaan, anda bisa mencarinya lewat media sosial online seperti facebook, atau bertanya pada teman dan kerabat anda. Namun lebih baik anda mencarinya langsung kepada penjual karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan tempat showroom mobil. Jika anda tidak mahir dalam mencari anda bisa menggunakan jasa makelar yang sudah biasa mencarikan mobil, cari makelar yang anda atau keluarga anda kenal, umumnya para makelar sudah memiliki banyak list mobil yang dijual secara update.

5. Melihat kondisi mobil
Setelah menemukan mobil yang diinginkan maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melihat kondisi mobil secara langsung, lihatlah kondisi body, kilometer, riwayat servis, mesin, dan part lainnya, lakukan test mengendarai dan untuk lebih meyakinkan anda bisa membawa membawa orang yang ahli dalam hal mesin mobil.

Jika anda kurang puas, atau kondisi mobil tersebut kurang memuaskan maka anda bisa melihat mobil bekas lainnya. Satu hal yang perlu kalian lakukan adalah sabar dan jangan tergesa-gesa dalam menentukan pilihan mobil yang hendak dibeli.

6. Tawar menawar mobil
Setelah kondisi mobil di cek dan anda puas maka lanjutkan dengan kegiatan tawar menawar, jika penjual memberi harga sesuai pasaran didaerah kalian maka anda bisa menawarnya 10-15 juta, tunjukkan sisi kekurangan mobil yang anda incar seperti jarak kilometer tinggi, lecet di body, kondisi cover jok robek, ban yang telah tipis, pajak mobil, dan sebagainya. Jika penjual tidak puas dengan harga yang anda berikan maka tinggal terlebih dahulu unit mobil tersebut atau anda bisa sambil mencari unit lainnya. setelah 1-2 hari biasanya penjual akan sedikit luluh dan anda bisa menawarnya kembali dengan mengurangi jumlah tawaran menjadi 5-10 juta. Dan jika harga sudah cocok maka kalian bisa membawa mobil untuk melakukan cek fisik.

7. Cek fisik
Lakukan cek fisik mobil untuk memastikan nomor rangka dan mesin sesuai dengan dokumen mobil, hal ini dilakukan agar anda tidak terkecoh saat setelah membeli mobil. Cek fisik bisa dilakukan pada samsat daerah tempat mobil dibeli dari dealer.

8. Pembayaran
Bayar mobil dengan harga yang telah disepakati, anda bisa membayarnya lewat transfer bank atau secara tunai, simpan bukti transfer dan buat nota pembayaran jika di perlukan.

9. Servis mobil
Servis mobil menjadi hal wajib terakhir yang harus anda lakukan sebelum menggunakannya, jika pemilik sebelumnya telah melakukan servis dan ganti oli secara rutin maka servis tidak perlu dilakukan.

Kunci penting dalam membeli mobil bekas berkualitas adalah sabar dan tidak tergesa-gesa, jika sudah mencari selama seminggu namun belum mendapatkan unit yang diinginkan maka tunggulah sebulan atau bahkan dua sampai tiga bulan, menunggu lama tidak masalah asalkan anda mendapatkan unit mobil istimewa sesuai keinginan. Jika mobil dibeli dari makelar maka kalian bisa melakukan general cek up ke dealer untuk lebih memastikan kondisi mobil.