Tuesday, January 22, 2019

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Air Beras

Bintik atau flek hitam diwajah merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh wanita yang mulai menua pada umur 45 tahunan. Namun pada wanita dan pria muda juga bisa mengalami masalah flek hitam jika tidak pernah menjaga dan merawat kulit terutama saat terkena paparan sinar matahari.
Image courtesy of marcolm at FreeDigitalPhotos.net
Flek hitam terjadi dikarenakan oleh adanya peningkatan produksi melanin (pigmen warna kulit) secara berlebih setelah tubuh terpapar sinar matahari. Selain sinar matahari, faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab munculnya flek hitam diwajah adalah kondisi hormon tidak stabil, stres, luka atau bekas jerawat, kurang tidur, hamil, kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin C dan E, serta akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

A. Menghilangkan flek hitam dengan air beras
Air cucian beras sudah sejak lama terkenal akan manfaatnya dalam hal mempercantik kulit wajah, memiliki kandungan penting diantaranya inositol, kandungan senyawa penting ini berfungsi dalam membantu merangsang kulit dalam pertumbuhan sel baru, sehingga sel kulit lama yang gelap atau terdapat flek hitam akan lebih cepat mengelupas.

Selain inositol, beras juga mengandung antioksidan alami yang biasa disebut dengan ferulic acid, senyawa ini seringkali ditemukan pada kulit biji-bijian dan buah-buahan. Ferulic acid mampu melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kulit dari proses penuaan dini.

Dan kandungan penting terakhir dalam air cucian beras yang ampuh dalam memudarkan flek hitam adalah zat oryzanol, zat ini selain berfungsi dalam mencerahkan kulit juga dapat mengontrol pembentukan pigmen melanin penyebab kulit hitam.

Air cucian beras biasa digunakan untuk masker wajah dan toner, untuk membuat masker terlebih dahulu kumpulkan air bilasan kedua dan ketiga saat kalian mencuci beras dalam sebuah wadah, tunggu sekitar satu jam sampai timbul endapan putih dibawahnya, buang air bening diatasnya dan sisakan hanya endapan putih, gunakan endapan sebagai masker wajah selama kurang lebih 30 menit, kemudian cuci dengan air bersih.

Sedangkan untuk membuat toner, ambil cucian air bilasan beras secukupnya, campurkan dengan 2-3 tetes tea tree oil secara merata, gunakan kapas untuk mengaplikasikan pada seluruh bagian kulit wajah dan leher terutama pada bagian kulit yang terdapat flek hitam, gunakan toner ini rutin tiap pagi dan malam hari.

B. Masker tepung beras
Selain menggunakan air cucian beras sebagai masker penghilang flek hitang, kalian juga bisa mebuat masker dari tepung beras, cara ini selain lebih praktis anda juga bisa membuatnya sewaktu-waktu. Bahan yang dibutuhkan berupa tepung beras, susu pasteurisasi, dan madu asli.

Membuat masker wajah dari tepung beras juga sangat gampang, campurkan 2 sendok makan tepung beras dengan 1 sendok makan susu pasteurisasi seperti bearbrand atau ultra milk, serta tambahkan madu secukupnya. Setelah ketiga bahan tersebut rata maka aplikasikan secara merata pada kulit wajah, biarkan selama kurang lebih 25 menit lalu bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini sekali dalam sehari dan dapatkan manfaatnya setelah seminggu penggunaan.

C. Cara mencegah flek hitam di wajah
Selain melakukan perawatan wajah untuk menghilangkan flek hitam, alangkah baiknya kalian juga melakukan beberapa langkah berikut guna cegah flek hitam di wajah datang kembali.
1. Konsumsi makanan bergizi
Guna mendapatkan kulit tubuh sehat anda harus memenuhi kebutuhan nutrisnya, banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan antioksidan alami untuk mencegah kerusakan sel kulit dari radikal bebas. Selain itu antioksidan juga dapat mencegah tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. Makanan dengan tinggi kandungan antioksidan alaminya seperti tomat, jeruk, stroberi, blueberry, dan coklat hitam.

2. Istirahat dengan cukup
Saat tidur tubuh akan melakukan regenerasi sel-sel yang telah mati termasuk sel kulit wajah, cukupi kebutuhan tidur anda selama kurang lebih 7-8 jam, orang yang terbiasa begadang ditengah malam umumnya memiliki kulit wajah kurang cerah dan sangat mudah memiliki banyak kerutan.

3. Melindungi kulit dari sinar matahari
Flek hitam muncul karena kulit terpapar sinar matahari terlalu lama, untuk itu hindari atau lakukan sedikit kegiatan yang berada diluar ruangan saat siang hari, jika tetap harus melakukan kegiatan diluar ruangan maka sebaiknya gunakan pelindung wajah seperti topi dan masker penutup wajah, selain itu juga gunakan pakaian panjang guna mencegah kulit terkena sinar matahari secara langsung.

4. Hindari stres
Banyak orang bilang stres itu bikin cepat tua. Benar saja, karena saat stres maka kondisi hormonal di dalam tubuh menjadi kurang stabil. Saat stres tubuh akan lebih banyak menghasilkan melanocyte-stimulating hormone atau MSH, sebuah hormon yang dapat merangsang produksi melanin.

Demikian beberapa cara dan tips menghilangkan flek hitam dirumah dengan menggunakan bahan alami air cucian beras.