Wednesday, January 23, 2019

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dan Seluruh Badan

Memiliki panu di tubuh memang sangat menjengkelkan, warnanya putih mudah terlihat serta rasa gatal yang ditimbulkan saat berkeringat bikin rasa percaya diri kita langsung menurun. Mungkin kita bisa sedikit tenang jika panu tumbuh dibagian tubuh yang dapat ditutup dengan baju seperti pada lengan, leher, dan punggung, namun jika panu muncul di bagian yang mudah terlihat seperti wajah pastinya kita akan sangat malu dan minder jika bertatapan langsung dengan orang lain.
Image courtesy of joetherasakdhi at FreeDigitalPhotos.net
Apa sih penyebab munculnya panu di tubuh?, panu muncul disebabkan adanya infeksi kulit oleh jamur yang biasa disebut dengan malassezia furfur atau pityrosporum ovale, jenis jamur tersebut pasti dimiliki oleh setiap orang dengan jumlah sangat sedikit, namun karena beberapa faktor seperti kurang menjaga kebersihan tubuh, keringat berlebih, kondisi cuaca lembab, dan sistem kekebalan tubuh menurun bisa membuat jamur penyebab panu tumbuh secara berlebihan.

A. Cara menghilangkan panu
Menghilangkan panu di tubuh bukanlah permasalahan sulit, banyak sekali jenis obat-obatan yang bisa kalian beli di apotik. Disarankan untuk menggunakan obat panu yang diminum dengan kandungan ketoconazole, zat aktif ini mampu menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu yang berada diseluruh bagian tubuh. Perlu anda perhatikan, jika menggunakan obat yang diminum secara oral ini maka panu baru bisa hilang dengan sendirinya setelah menunggu selama 1-4 minggu.

Sedangkan jika ingin menghilangkan panu dengan cepat (dalam sehari atau semalam), maka kalian disarankan untuk menggunakan obat panu yang diberikan secara topical (oles), Umumnya obat panu topical mengandung bahan aktif seperti ketoconazole, selenium sulfida, atau pyrithione zink. Untuk mendapatkannya kalian bisa memebeli di apotik atau toko dekat rumah. Kelemahan obat jenis ini adalah anda harus rajin mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat panu, selain itu jika panu muncul pada tubuh yang sulit dijangkau maka kalian akan membutuhkan bantuan orang lain untuk mengoleskannya.

B. Menghilangkan panu secara alami
Selain menggunakan obat pabrik kalian juga bisa menggunakan cara alami dengan memakai bahan alami yang mudah didapat sebagai alternatif untuk menghilangkan panu ditubuh. Walaupun dengan bahan alami tidak seefektif saat menggunakan obat, namun cara ini patut untuk dicoba jika anda tidak bisa mendapatkan obat panu karena kondisi tertentu seperti jauh dari pemukiman.

Bahan alami yang dipercaya mampu atasi masalah infeksi jamur kulit seperti lidah buaya, bawang putih, lengkuas, kunyit, jeruk nipis dan belimbing wuluh. Untuk mengaplikasikannya juga cukup mudah, potong bahan tersebut kemudian gosokkan pada bagian kulit yang terdapat panu, biarkan 5-10 menit kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari, dan lakukan sampai panu anda hilang.

C. Cara mencegah panu datang kembali
Orang yang sering terkena panu biasanya memiliki kebiasaan kurang menjaga kebersihan tubuh dan sering melakukan aktifitas diluar ruangan yang menimbulkan banyak keringat. Untuk anda yang berharap agar penyakit ini tidak datang kembali maka bisa melakukan beberapa cara dan tips berikut ini:
1. Mandi secara teratur
Lakukan mandi secara teratur minimal dua kali sehari pada pagi dan sore hari, gunakan sabun yang mengandung antibakteri dan antijamur. Selain itu hindari menggunakan handuk bersama jika salah satu keluarga atau teman juga memiliki riwayat panu.

2. Gunakan pakaian bersih
Selalu ganti pakaian jika anda telah memakainya selama sehari, jika pakaian yang digunakan sudah basah terkena keringat walaupun baru dipakai selama beberapa jam maka lebih baik untuk menggantinya. Hindari juga bertukar pakaian dengan orang lain, namun jika kondisi memaksa maka cucilah terlebih dahulu.

3. Hindari produk kecantikan penyebab kulit berminyak
Salah satu penyebab panu tumbuh karena kondisi kulit sering berminyak, untuk itu hindari produk-produk kecantikan yang bisa membuat kulit berminyak. Produk-produk tersebut bisa seperti bedak, pelembab, minyak rambut, dan lotion.

4. Hindari panas sinar matahari
Lakukan lebih sedikit kegiatan yang berada di luar ruangan. Saat terkena panas sinar matahari, tubuh akan lebih cenderung menghasilkan keringat sehingga membuat kulit menjadi lembab dan berminyak dimana merupakan kondisi ideal jamur untuk berkembang biak.

5. Lakukan lulur secara teratur
Lulur secara teratur selain dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran kulit ternyata juga dapat mengontrol pertumbuhan jamur yang hidup pada kulit, lakukan lulur seminggu sekali atau minimal sebulan sekali.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara menghilangkan dan mencegahnya panu yang bisa kami sampaikan. Hal pertama yang wajib diperhatikan agar panu tidak tumbuh kembali adalah pastikan untuk selalu menjaga kebersihan badan dan pakaian.