Sunday, July 13, 2014

Apa Penyebab Rambut Keriting? Cara Meluruskan Rambut Keriting

Memiliki rambut keriting bukanlah sebuah kekurangan, banyak sekali wanita-wanita cantik bahkan artis dunia yang memiliki rambut keriting namun memiliki penampilan yang luar biasah tanpa harus meluruskan rambut mereka. Hal paling utama dalam merawat rambut keriting adalah bagaimana agar rambut keriting tidak mengembang (baca: Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mengembang Dengan Lidah Buaya) dan memilih model rambut yang paling tepat.

A. Penyebab Rambut Keriting:
Ada beberapa penyebab mengapa anda memiliki rambut keriting, diantarnya adalah gen bawaan lahir, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, dan rambut terlalu panjang.

B. Cara Meluruskan Rambut Keriting Di Salon:
1. Blowdry.
Tahap ini dilakukan agar simpulan atau gulungan yang terlihat bisa hilang.

2. Krim anti-keriting. Krim ini dioleskan ke rambut anda ketika masih basah. Beberapa saat kemudian bisa anda luruskan dengan sikat rambut.

3. Kabutkan rambut.
Cara ini dilakukan untuk memberikan perlindungan anti panas pada setiap helai rambut. Cara ini juga dapat menahan cairan kelembaban rambut menjadi hilang.


4. Luruskan rambut satu persatu.
Mulai meluruskan dari tengkuk dan beberapa bagian kecil selanjutkan kearah bawah. Cara ini dapat meminimalisir rusaknya rambut akibat panas.

C. Cara Meluruskan Rambut Yang Keriting Secara Alami:
1. Santan dan air jeruk nipis
Tuangkan santan ke dalam sebuah mangkuk. Lalu, campurkan air jeruk nipis. Masukkan ke dalam lemari es dan biarkan hingga mengental. Oleskan krim kental tersebut ke seluruh rambut, termasuk kulit kepala. Kemudian bungkus rambut dengan handuk panas selama 1 jam dan bilas. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan rambut lurus alami.

2. Pisang dan pepaya
Haluskan pisang dan pepaya yang sudah matang. Kemudian tambahkan 2 sdt madu dan sapukan ke seluruh bagian rambut. Setelah kering, bilas rambut dengan air dingin. Tunggu sampai rambut benar-benar kering! Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini selama dua kali dalam seminggu.

3. Kondisioner

Kondisioner adalah salah satu produk perawatan alami yang dapat memberi efek lurus pada rambut. Oleskan kondisioner secara merata pada rambut dan pijat dengan lembut. Kemudian bilas dan keringkan rambut Anda.

D. Cara Merawat Rambut Yang Keriting:
1. Menyisir pelan-pelan
Jangan tergesa-gesa ketika menyisir rambut keriting. Sebab jenis rambut seperti ini terkadang sulit diatur dan butuh kesabaran ekstra untuk memisahkan rambut yang kusut. Sisir pelan-pelan demi menjaga kesehatan akar dan kecantikan rambut.

2. Jangan gunakan hair dryer
Mengeringkan rambut keriting memang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Namun jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Biarkan rambut keriting kering secara alami karena panas dari hair dryer bisa merusak efek ikal pada rambut.

3. Alat pelurus rambut
Jika ingin keriting pada rambut tetap terlihat cantik, hindari penggunaan alat pelurus. Sebab meskipun rambut kembali seperti kondisi semula, namun efek ikal pada rambut keriting tidak akan cantik lagi.

4. Saat memotong rambut
Rambut keriting cenderung menyusut saat kondisinya basah. Jadi sebaiknya potong rambut keriting dalam keadaan kering agar Anda tidak melakukan kesalahan, misalnya memotong terlalu pendek.

5. Saat tidur
Agar rambut keriting tetap mudah diatur, cobalah menguncir rambut di atas kepala seperti unicorn ketika tidur. Bahkan kunciran rambut ketika tidur akan memberikan efek cantik ketika Anda bangun keesokan harinya.

6. Mengeringkan dengan tisu kertas
Jangan menggosok rambut keriting yang basah dengan handuk jika ingin membuatnya cepat kering. Lebih baik keringkan dengan tisu kertas (paper towel) yang sifatnya menyerap air tanpa berisiko merusak rambut keriting.

7. Percaya diri
Ada banyak orang yang memilih untuk meluruskan rambutnya yang keriting. Padahal memiliki rambut keriting adalah keistimewaan. Bahkan tak sedikit orang berambut lurus yang justru ingin punya rambut keriting. Jadi, percaya diri saja dengan penampilan Anda!

E. Contoh Model Rambut Untuk Rambut Keriting:
Bagi yang masih bingung dengan model rambut keriting, berikut ada beberapa contoh model rambut keriting artis dunia, jika rambut anda terlalu mengembang beri kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut anda.


Semoga beberapa informasi diatas dapat membantu anda semua, jangan ragu untuk menampilkan apa yang kita miliki.