Saturday, July 12, 2014

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mengembang Dengan Lidah Buaya

Tidak ingin memiliki rambut yang mengembang? mungkin salah satu penyebab rambut mengembang adalah rambut yang kering dan tidak sehat sehingga diperlukan perawatan-perawatan yang tepat agar rambut menjadi lembab dan sehat, beberapa bahan alami bisa anda coba dan salah satunya adalah lidah buaya, lidah buaya mengandung banyak sekali nutrisi penting untuk rambut dan kulit kepala sehingga cocok dijadikan sebagai bahan alami perawatan rambut.

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

A. Kandungan Lidah Buaya Yang Penting Untuk Rambut:
Sederet manfaat lidah buaya mengundang banyak kalangan melakukan berbagai penelitian. Salah satunya Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Barat pada 1998. Hasilnya, lidah buaya terbukti menyimpan zat-zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat. Kandungan mineralnya adalah kalsium, magnesium, potasium, sodium, besi, zinc, dan kromium. Kandungan enzim-enzimnya, antara lain amylase, catalase, cellulose, carboxypeptidase, carboxyhelolase, dan brandykinase yang semuanya amat penting bagi metabolisme tubuh.

Lidah buaya pun ternyata memiliki kandungan beragam asam amino, yakni arginine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, threonine, glycine, lycine, yrozine, proline, histidine, leucine, dan isoliucine.

B. Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Sehat:
1. Mencegah kebotakan 
Penipisan rambut membuat Anda jadi botak? Anda dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan mengoleskan gel atau jus lidah buaya pada kulit kepala Anda secara teratur. Biarkan 10 menit dan bilas dengan shampo.

2. Melawan rambut rontok
Lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang efektif untuk mengobati rambut rontok. Campur ekstrak lidah buaya dengan shampo dan oleskan pada rambut Anda.

3. Melawan ketombe 
Jika Anda menderita ketombe, kulit kepala kering dan gatal, segera gunakan gel atau jus lidah buaya untuk mengobati ketombe secara alami. Oleskan ekstrak lidah buaya pada kulit kepala dan biarkan selama 40-60 menit untuk menyingkirkan ketombe.

4. Kondisioner alami
Aloe vera adalah kondisioner rambut alami yang memiliki efek pendinginan. Anda dapat memijat rambut dan kulit kepala dengan jus lidah buaya untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Pelembap alami 
Ingin melembapkan rambut dan membuatnya jadi lebih mudah ditata? Gunakan gel atau jus lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut Anda.

C. Cara Merawat Rambut Mengembang Dengan Lidah Buaya:
Lidah buaya ini digunakan untuk mencegah rambut mengembang dan membersihkan kulit kepala serta membuat rambut mudah berkilau dan sehat.

Lidah buaya tidak mengandung alkohol jadi cukup efektif membantu memperbaiki rambut yang rusak. Anda bisa mendapatkan gel rambut lidah buaya di toko-toko kepercayaan Anda.

Cara pemakaian:
Conditioner Lidah Buaya
Cukup dengan mencampurkan gel atau daging lidah buaya dengan ¼ cup minyak kelapa asli, Ladies sudah mendapatkan condisioner alami yang sangat efektif untuk melembabkan rambut sehingga rambut tidak mengembang. Oleskan gel atau jus lidah buaya yang telah ditambah dengan minyak kelapa pada rambut dan kulit kepala. Tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan shampo.

Minyak kelapa dipilih sebagai campuran karena khasiatnya yang telah terbukti pada rambut anak kecil. Selain itu, dibandingkan dengan minyak zaitun, khasiat melembabkan rambut lebih besar terdapat pada minyak kelapa.

Shampoo Lidah Buaya
Shampoo alami buatan sendiri yang berbahan dasar lidah buaya sangat cocok bagi Ladies yang ingin rambut Ladies tumbuh lebih lebat. Meskipun shampoo dengan resep yang akan disampaikan ini tidak menghasilkan busa seperti shampoo yang biasa dibeli di toko, shampoo lidah buaya berikut ini telah terbukti efektif.

Resep membuat shampoo alami berbahan dasar lidah buaya menggunakan bahan – bahan alami seperti cuka apel dan madu. Prosedur pembuatannya tidak susah kok – Ladies cukup mencampur semua bahan dan meratakannya ke seluruh bagian rambut sebelum kemudian dibilas dengan air bersih.

Nah, karena hanya menggunakan bahan – bahan alami tanpa menambahkan minyak – minyakan, shampoo ini tidak akan beraroma seharum yang Ladies bayangkan. Namun, campuran madu dan lidah buaya sendiri adalah kombinasi yang pas untuk rambut sehat.

Semoga dengan cara diatas rambut anda yang sebelumnya rusak dan mengembang menjadi sehat, halus, dan selalu lembab alami.