Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dengan Daun Seledri

Cara Merawat RambutCara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dengan Daun Seledri: Daun seledri untuk rambut rontok? hmmm mungkin bagi anda yang baru mengetahui kalimat ini akan terheran-heran bagaimana bisa daun seledri yang umumnya digunakan untuk bumbu memasak bisa digunakan untuk merawat rambut. namun jangan khawatir beberapa ahli rambut menyarankan untuk merawat rambut dengan bahan alami dan salah satunya dengan seledri.

Kali ini pada artikel perawatan rambut akan kita bahas bagaimana manfaat, kegunaan, dan bagaimana cara menggunakan daun seledri untuk mengatasi dan mengurangi rambut rontok, terutama yang terbilang sedikit parah.

A. Tentang Seledri
Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan.

B. Kandungan Daun Seledri
  • Sumber yang kaya antioksidan flavonoid seperti zea xanthin, lutein, dan beta karoten, yang berfungsi sebagai pelindung tubuh, meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan kanker.
  • Seledri merupakan sumber vitamin A yang baik.  Vitamin A dan beta karoten adalah antioksidan flavonoid alami yang dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit, dan mata.
  • Seledri mengandung asam folat, riboflavin, niasin, vitamin B dan vitamin C.
  • Daun dan biji-bijian mengandung banyak minyak atsiri yang penting mencakup terpen, limonene dan humulene. Namun aroma khas seledri ini disebabkan senyawa kimia yang dikenal sebagai phthalides (butylphthalid dan turunan sedanenolid dihidro-nya) di dalamnya.
C. Manfaat Daun Seledri Untuk Mengatasi Rambut Rontok
Rambut yang rontok terus menerus dapat menyebabkan kebotakan, karena itu harus diatasi. Banyak perawatan di salon yang memang dapat dilakukan, namun tentunya menguras biaya yang tidak sedikit. Terapi dengan manfaat seledri mampu melebatkan kembali rambut dan menjaga kulit kepala.

Manfaat vitamin A pada seledri:
Vitamin A ini membantu menangkal radikal bebas dan melindungi rambut dari kerusakan. Selain itu, vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi minyak di kulit kepala, sehingga rambut tetap bercahaya. 

Manfaat vitamin C pada seledri:
Bagaimanapun vitamin C selalu menjadi favorit setiap orang. Menurut peneliti, vitamin C dapat mencegah perubahan warna dan kerontokan rambut. Serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke bagian kepala. Tugas vitamin C ini juga memastikan agar kulit kepala selalu sehat. 

Manfaat minyak atsiri pada seledri:
Minyak ini berguna untuk mengobati kulit kepala gatal dan rambut rontok pada perempuan dan laki-laki. Minyak atsiri dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut baru

D. Cara Menggunakan Daun Seledri Untuk Perawatan Rambut
Pilih daun seledri yang masih segar dan mekar, lalu cuci hingga bersih. Tumbuk daun seledri sampai halus, kemudian campurkan dengan air secukupnya dan peras campuran tersebut.

Basuhkan air perasan daun seledri tersebut merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Untuk memastikan, pijat lembut kulit kepala sambil gosokkan air perasan daun seledri persis seperti menggunakan shampo.

Biarkan selama lebih kurang 5 menit dan bilas rambut dengan air sampai bersih. Ulangi metode ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik ya. Supaya lebih sempurna lagi, simpan air perasan daun seledri tersebut selama 12 jam sebelum digunakan.

Baca artikel lain: Cara Menggunakan Masker Rambut Minyak Biji Anggur Untuk Perawatan Alami.

Related articles Bahan Alami