11 Cara Merawat Rambut Beruban di Usia Muda Agar Hilang

11 Cara Merawat Rambut Beruban di Usia Muda Agar Hilang - Kali ini kita akan membahas salah satu masalah yang saat ini sering kita temui dan liat pada anak remaja yang tergolong masih di usia muda, yakni munculnya rambut yang beruban. bagi yang mengalami hal ini mungkin akan mengalami sedikit minder dan perasaan lainya apabila teman, atau bahkan pacar kita melihat uban yang muncul dikepala kita.
Penuaan adalah proses yang pasti dialami oleh setiap orang. Salah satu tanda penuaan pada rambut adalah timbulnya uban. Semua orang tentunya mengharapkan uban atau rambut putih muncul ketika udah menginjak usia lanjut. Namun pada kenyataannya, di masa sekarang ini banyak orang yang masih muda sudah mengalami penuaan dini dengan gejala tumbuhnya uban di kepala mereka.

A. Kenali Beberapa Penyebab Rambut Beruban
Dengan mengetahui penyebab rambut anda beruban, anda dapat mencegahnya sejak awal.
  1. Stress berlebihan : Jika stress berlebihan dan terus menerus dilakukan maka produksi pigmen rambut akan berkurang sehingga muncullah rambut putih.
  2. Usia : Apabila usia telah mencapai 50-60 tahun maka tidak dapat dihindari jika uban akan perlahan-lahan muncul dan menghiasi kulit kepala anda.
  3. Merokok : Merokok juga dapat menyebabkan timbulnya uban, bahan kimia yang terdapat pada rokok juga menjadi salah satu faktor tumbuhnya uban.
  4. Keturunan : Jika sudah turun temurun ayah atau ibu anda sudah memiliki uban di usia muda biasanya akan menurun pada anak-anaknya.
  5. Gaya Hidup : gaya hidup yang tidak sehat dan bersih dapat memicu munculnya uban di kepala, untuk itu rubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dan bersih.
B. Cara Merawat Rambut Beruban Di Usia Muda Dengan Cara Mencegah Munculkan Uban Baru:

1. Hindari Mewarnai Rambut 
Jika anda menggunakan pewarna rambut, mulai dari sekarang kurangilah karena kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk pewarna rambut dapat merusak pigmen rambut. Jika ingin menggunakan pewarna rambut untuk menutupi uban dianjurkan agar memilih produk yang terbuat dari bahan alami.

2. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala
Riset yang dilakukan oleh dermatologis dunia menunjukan bahwa ketombe juga merupakan salah satu penyebab timbulnya uban. Gunakan sampo anti ketombe atau perasan jeruk lemon sebagai alternatif pilihan yang alami untuk menghilangkan ketombe.

3. Pijat Rambut
Pijat rambut dengan minyak kelapa atau kemiri agar menjaga rambut tetap panjang dan kuat. Serta sering-seringlah melakukan pijat kulit kepala agar kepala terasa tenang dan nyaman.   

4. Lakukan Perawatan yang Teratur pada Rambut Secara Alami
Lakukan perawatan pada rambut untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada rambut.

Bahan-bahan alami untuk merawat rambut beruban:

Yogurt pahit 
Campurkan  satu gram lada hitam atau kopi bubuk dengan 100 gram yogurt tanpa gula. sesudah itu lumuri dengan halus ke kulit kepala serta rambut kemudian bersihkan dengan air hangat dan sampo sesudah satu jam. kerjakan rincian ini setiap minggu untuk memperoleh hasil yang baik maka tak hanya menyingkirkan uban, campuran ini dapat membuat rambut anda bercahaya dan terhindar dari ketombe. Selain itu lada hitam menjadikan rambut lebih hitam dan kopi menjaga warna rambut.

Minyak kelapa
Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut. Remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Biji Pepaya 
Pada zaman dahulu kala Raja-raja memakai beberapa bahan alami pewarna rambut terbuat dari biji pepaya. Caranya dengan menyangrai terlebih dahulu biji pepaya lantas ditumbuk hingga halus kemudian imbuhkan minyak kelapa. Oleskan ke semua sisi rambut dan lakukan perawatan ini secara teratur  seminggu sekali.

Minyak kemiri
Usapkan minyak kemiri pada rambut. Pertama sangrai kemiri lalu tumbuk sampai mengeluarkan minyak. Lulurkan pada rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dicuci.

Memakai daun teh
Saring teh lalu campurkan daun teh dengan satu sendoh teh garam. Taburkan ke atas kepala dan rambut rambut selama satu jam lantas bersihkan dengan air. Kerjakan setiap hari dalam 10 hari maka rambut anda akan terbebas dari uban.

Mengoleskan Jus Labu
Campuran jus labu bersama minyak wijen atau minyak zaitun menolong rambut lebih sehat, bercahaya dan tidak tipis jugamenghindarkan rambut beruban. 

Selain Perawatan diatas anda juga perlu melakukan beberapa hal berikut guna mencegah rambut anda beruban lebih banyak:
1. Mencegah Stres
Tekanan yang sering dialami remaja pada zaman modern seperti ini merupakan salah satu penyebab munculnya uban. Hal ini disebabkan karena tekanan dari pelajaran yang mereka pelajari di sekolah. Stres merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya penuaan pada rambut. Oleh karena itu, dengan lebih bersantai dan rileks, Anda dapat mencegah timbulnya uban sebelum waktunya.

2. Tidur yang Cukup
Kulit kepala juga butuh untuk beristirahat agar sel-sel rambut dapat beregenerasi, jadi sekarang kurangi kebiasaan bergadang tiap malam karena dapat mempercepat tumbuhnya uban.

3. Mengatur Pola Makan
Malnutrisi adalah salah satu penyebab timbulnya uban atau penuaan dini pada rambut. Diet secara berlebihan mengakibatkan kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini mengakibatkan tubuh dan rambut mengalami penuaan sebelum waktunya. Oleh karena itu, aturlah pola makan dengan baik dan seimbang untuk mencegah penuaan dini pada rambut dan tubuh Anda.

4. Mengkonsumsi Mineral yang Cukup bagi Rambut
Mineral yang Essensial untuk rambut adalah zinc, zat besi dan cooper. Biasanya banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji"an, dan makanan laut (seafood)

5. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi Untuk Rambut
Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan munculnya uban. Zat besi membantu tubuh memproduksi melanin yang dapat memberi zat warna pada rambut. Konsumsilah seafood, terutama kepiting, bayam, lemon dan jamur yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

Jenis Makanan Untuk Mengatasi Rambut Beruban yang Muncul Terlalu Cepat
Makanan yang disarankan bagi mereka yang tidak ingin beruban ketika usia masih muda adalah jenis makanan yang berkhasiat menguatkan ginjal dan paru-paru contohnya adalah daun pegagan. Makanan yang bergizi memang adalah salah satu cara menghambat pertumbuhan uban. Makanan yang umumnya bersifat sayuran bisa dikonsumsi secara tunggal atau sebagai campuran. Berbagai jenis sumber pangan yang baik bagi kesehatan rambut adalah:
Jus wortel
Jus wortel dan bayam ditambah wijen
Jus melon dan aneka buah yang mengandung vitamin C
Daun Plantago (ki urat)
Daun Pegagan

Sebaliknya ada juga jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena tidak baik bagi ginjal dan paru-paru. yaitu:
Kacang hijau
taoge
Selada
Sawi-sawian
Sirsak
Duku
Lidah buaya
Santan
Berbagai makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula dan bahan kimia.

6. Vitamin Untuk Rambut Beruban (vitamin dan mineral):
Beriku adalah zat-zat makanan yang dibutuhkan untuk mencegah uban.
1. Vitamin A, C, dan E
Meski uban dapat disebabkan oleh proses penuaan, konsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat menunda prosesnya. Vitamin yang berefek antioksidan dapat melawan radikal bebas yang berkaitan dengan penuaan. Vitamin A, C, dan E termasuk kelompok vitamin yang merupakan antioksidan kuat. 

Makanan yang kaya vitamin A antara lain sayuran dan buah-buahan berwarna oranye dan kuning, produk susu, dan sayuran hijau gelap. Vitamin C dapat dijumpai pada bluberi, stoberi, jeruk, kentang, melon, dan tomat. Dan vitamin E dimiliki oleh sayur-sayuran hijau, kacang-kacangan, dan gandum. Agar kandungannya tidak hilang, makanan yang mengandung vitamin-vitamin ini sebaiknya tidak diproses terlalu lama.
2. Tembaga
Linus Pauling Institute melaporkan, kekurangan tembaga dalam tubuh berhubungan dengan timbulnya uban. Tembaga merupakan zat gizi penting untuk pembentukan melanin, sumber warna rambut. 

Makanan sumber tembaga yang baik yaitu cokelat hitam, hati sapi, biji bunga matahati, kacang mede, lentil, jamur, selai kacang, dan almond.
3. Selenium
Selenium dibutuhkan untuk kerja dan produksi hormon, termasuk hubungannya dengan kesehatan dan proses penuaan rambut. Selenium kerap digunakan untuk mengobati uban karena perannya yang melawan proses penuaan dan radikal bebas. 

Zat ini dapat ditemukan pada makanan dari gandum, kismis, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan ikan mackerel.
4. Vitamin B
Masih menurut Linus Pauling Institute of Oregon State University, kekurangan asam folat dan biotin secara langsung dapat menyebabkan uban. Vitamin B6 dan B12 merupakan zat penting dalam produksi sel darah merah yang berfungsi mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala. Selain itu, vitamin B2 membantu produksi hormon dan menyeimbangkan sistem tubuh yang memengaruhi warna rambut. 

Makanan yang kaya vitamin B antara lain produk susu, roti gandum utuh, sereal, pasta, daging ayam, daging sapi, telur, dan sayuran-sayuran hijau.
7. Produk Alami Untuk Merawat Rambut Beruban
  • Produk alami dari india yang dapat mengatasi rambut yang terlanjur beruban yaitu henna atau disini dikenal dengan pacar rambut
  • Produk alami dari Miranda juga dapat menutupi dan mengobati rambut yang beruban, yaitu Miranda Magic Hair Color
  • Produk alami dari BSY yang dapat menutupi dan menyembuhkan  rambut yang beruban dengan bahan alami, yaitu NONI Magic Hair Color
Anda juga dapat membaca artikel tentang Cara Merawat Rambut Botak Agar Tumbuh Kembali.

Related articles Rambut Beruban