Tuesday, January 15, 2019

10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Menyengat Dengan Cepat

Bau ketiak merupakan salah satu masalah badan paling sering mengganggu dan bikin rasa percaya diri kita menghilang. Bukan hanya itu, bau ketiak yang tidak enak juga dapat membuat kita merasa canggung untuk beraktifitas dan berkumpul dengan orag lain, yang tadinya kita bisa beraktifitas sesuka hati dan bergerak kesana kemari kemudian karena bau ketiak kurang sedap kita pastinya akan memilih untuk diam saja dan menjauh dari teman atau bahkan enggan untuk menggerakkan tangan.
Image courtesy of artur84 at FreeDigitalPhotos.net
Bau ketiak dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari aktifitas berlebih, mengkonsumsi makanan dan minuman penyebab bau badan, gangguan kesehatan, datang bulan, dan kurang menjaga kebersihan badan. Namun faktor yang sering menjadi penyebab bau ketiak baik pada pria maupun wanita adalah kurangnya menjaga kebersihan badan terutama ketiak.

Pada kondisi ketiak kurang bersih bakteri dapat dengan mudah hidup dan berkembang biak, kemudian saat kondisi badan berkeringan maka bakteri tersebut akan menyerap keringat kemudian menghasilkan bau yang kurang sedang yang sering kita sebut dengan bau ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak
Anda bisa menggunakan berbagai macam cara untuk menghilangkan bau ketiak, mulai dari melakukan pola hidup sehat, memakai cara alami, atau dengan cara medis.
1. Rajin mandi
Bau badan kerap kali dialami oleh mereka yang kurang menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitarnya, Dan salah satu cara paling ampuh untuk menjaga tubuh selalu bersih adalah dengan mandi, pastikan anda mandi secara teratur minimal  dua kali dalam sehari pada pagi dan sore, gunakan sabun antibakteri yang ampuh mengusir bakteri menempel penyebab bau ketiak.

2. Menggunakan deodoran
Deodoran penting dalam menjaga pH ketiak agar tetap netral, kandungan basa tinggi pada deodoran mampu mencegah bakteri untuk dapat hidup dan berkembang biak, selain itu setiap deodoran juga telah tercampur dengan parfum sehingga bau ketiak yang kurang sedap dapat ditekan. Gunakan deodoran tiap kali selesai mandi, atau saat bau ketiak sedang menyengat anda bisa membilasnya dengan air bersih kemudian gunakan deodoran secara merata.

3. Mengguunakan bedak
Ada banyak sekali jenis bedak yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau ketiak, anda bisa menggunakan produk bedak bayi atau produk bedak lainnya yang memang diperuntukkan untuk ketiak. Bedak selain dapat menyerap keringat dan menjaga ketiak tetap kering juga dapat mencegak bakteri untuk dapat hidup di kulit ketiak.

4. Gunakan pakaian bersih
Cuci bersih pakaian tiap kali anda menggunakannya, hindari menggunakan pakaian yang sama lebih dari sehari untuk menghindari bakteri virus pada pakaian menempel pada kulit tubuh yang bersih. Selain itu hindari juga menjemur pakaian di tempat ramai seperti dijalan atau pagar depan rumah guna menghidari pakaian terkena debu dan asap dari kendaraan bermotor.

5. Olahraga secara rutin
Saat berolahraga tubuh akan lebih bannyak mengeluarkan keringat lewat pori-pori kulit, keluarnya keringat tersebut akan mendorong bakteri penyebab bau ketiak yang tinggal didalam pori-pori kulit kita ikut keluar. Lakukan olahraga secara rutin selama kurang lebih 30 menit, selain dapat mencegah bau ketiak juga dapat menjaga tubuh selalu sehat.

6. Hindari makanan penyebab bau
Menurut para ahli kesehatan, menjaga menu diet harian merupakan cara alternatif yang efektif dalam mengurangi bau ketiak, beberapa jenis makanan yang perlu anda kurangi untuk mencegah bau ketiak adalah seperti bawang merah, bawah putih, daging kambing, gorengan, petai, pindang, olahan ikan yang masih berbau amis, kopi, telur, dan produk olahan susu.

7.  Lulur badan
Luangkan waktu untuk melakukan perawatan kulit badan secara menyeluruh salah satunya dengan lulur, lulur selain dapat menutrisi kulit juga dapat membersihkan kulit dari sel-sel yang telah mati dan bakteri penyebab bau ketiak.

8. Jamu tradisional
Indonesia terkenal akan ramuan jamu tradionalnya, dan salah satu jamu yang terbukti ampuh untuk menghilangkan bau ketiak adalah kunyit asam, beras kencur, dan temulawak. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah, atau membeli di tukang jamu keliling disekitar rumah anda. Jika tidak ada maka anda bisa memperoleh jamu ini dalam bentuk bubuk kemasan jadi di toko obat tradisional.

9. Minum air putih
Air merupakan komponen utama dalam tubuh, air dibutuhkan dalam menjalankan berbagai proses metabolisme tubuh dan salah satunya adalah berkeringat. Dengan kondisi jumlah air tubuh cukup maka proses berkeringat semakin lancar sehingga bakteri penyebab bau badan tidak mengumpul dan berkembang biak di pori-pori kulit. Usahakan untuk mengkonsumsi air munum minimal 8 gelas dalam sehari.

10. Konsultasi pada dokter
Jika beberapa cara diatas sudah anda lakukan namun belum juga mendapatkan hasil, maka segerelah pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan medis dengan tepat. Beberapa pasien pengidap penyakit seperti diabetes, usus buntu, dan hiperhidrosis akan menunjukkan gejala salah satunya bau badan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi bau ketiak. Kebanyakan orang tidak menyadari ketiaknya memiliki bau kurang enak, untuk itu tanyakan pada keluarga atau teman dekat tentang kondisi bau badan anda.