Wednesday, January 16, 2019

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dalam 1 Hari

Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit dengan penderita terbanyak diseluruh dunia, bisa dialami oleh siapapun baik pria maupun wanita, anak-anak, dewas, maupun orang tua. Jerawat muncul disebabkan oleh adanya penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran seperti debu, sel kulit mati, bakteri, minyak kulit, sisa make up, dan sebagainnya.
Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
Kondisi jerawat yang dialami seseorang juga berbeda-beda, ada jerawat normal dimana jerawat yang muncul jumlahnya tidak banyak hanya beberapa buah saja biasanya muncul di bagian dahi dan pipi, ada juga jerawat parah dimana jerawat yang muncul jumlahnya terlalu banyak dan dapat bertahan hingga berbulan-bulan sampai bertahun-tahun, biasanya jerawat parah disebabkan oleh kondisi hormon tubuh tidak stabil baik akibat stres maupun pubertas dan pengobatanya pun tidak dapat diakukan hanya sehari serta diperlukan penanganan khusus oleh dokter ahli.

A. Menghilangkan jerawat dalam 1 hari
Apabila jerawat anda masih termasuk kategori normal maka dengan penanganan yang tepat jerawat mengganggu tersebut bisa hilang dan kempes dalam 1 hari, dan berikut beberapa penanganan jerawat yang bisa anda coba:
1. Klinik kecantikan
Klinik kecantikan menjadi pilihan pertama blog "Cara Kamu" sarankan, pilih klinik kecantikan yang memiliki dokter spesialis, biasanya dokter akan memeriksa kondisi dan jenis kulit kita kemudian baru memberikan rekomendasi perawatan yang cocok. Pada klinik kecantikan perawatan yang ditawarkan juga sangat lengkap mulai dari perawatan rambut, wajah, hingga perawatan seluruh badan.

2. Obat jerawat
Menggunakan obat jerawat menjadi pilihan kedua yang bisa kalian coba, selain harganya tidak semahal biaya perawatan di klinik, menggunakan obat jerawat bisa dilakukan di dirumah dan juga bisa digunakan berulang kali. Sebelum membeli maka mintalah saran pada teman anda yang pernah menggunakan obat jerawat atau kalau tidak cobalah baca-baca ulasan obat jerawat di forum-forum online seperti kaskus dan sebagainya untuk mendapatkan review dari penggunannya secara langsung.

Tiga hal yang perlu anda perhatikan dalam menggunakan obat jerawat diantaranya adalah sebagai berikut. Pertama, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Kedua, ketahui bahan aktif didalamnya, obat jerawat ampuh biasanya mengandung bahan seperti salicylic acid, retinol, tea tree oil, sulfur, AHA hingga benzoyl peroxide. Ketiga, gunakan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter atau sesuai anjuran penggunaan pada brosur obat.

3. Cara alternatif
Ada beberapa perawatan alternatif yang terbukti efektif mengempeskan jerawat dalam semalam, cara alternatif ini selain praktis juga tidak membutuhkan banyak biaya, cara alternatif tersebut seperti menggunakan es batu untuk mengompres, balut es batu dengan kain bersih kemudian tempelkan pada jerawat yang meradang, diamkan selama beberapa menit hingga peradangan jerawat mnghilang. Hindari menempelkan terlalu kencang agar radang jerawat tidak semakin parah.

Selain menggunakan es batu kalian juga bisa menggunakan pasta gigi, pilihlah pasta gigi dengan kandungan silica dan hindari pasta gigi yang mengandung flouride dan mentol. Oleskan pasta gigi secukupnya pada bagian jerawat kemudian biarkan semalaman.

4. Bahan alami
Beberapa bahan alami seperti air lemon, teh hijau, air mawar, cuka sari apel, dan timun dipercaya mampu menghilangkan jerawat dalam sehari, Menurut hasil penelitian bahan-bahan tersebut mengandung senyawa penting berupa astringent yang mampu mengecilkan pembengkakan kulit akibat jerawat meradang, selain itu astringet juga bermanfaat dalam mengecilkan pori-pori dan meratakan warna kulit belang.

Buat masker wajah dari bahan diatas atau jika ingin ringkas maka cukup oleskan merata pada bagian kulit berjerawat dan biarkan semalaman kemudian bilas bersih pada pagi harinya.

5. Make up
Make up menjadi cara terakhir untuk menghilangkan jerawat di kulit wajah anda, walaupun tidak benar-benar menghilang setidaknya anda dapat berpenampilan semaksimal mungkin untuk acara-acara penting. Banyak sekali produk make up yang memang aman untuk berbagai jenis kulit termasuk kulit berjerawat. Pilih make up berbahan mineral titanium dioksida, zinc oxide dan silica. Selain bahan tersebut dapat menyerap minyak kulit, ternyata juga terbukti tidak mengakibatkan iritasi pada kulit.

B. Cara mencegah jerawat tumbuh kembali
Selain melakukan perawatan untuk menghilangkan jerawat maka alangkah baiknya juga melakukan beberapa kebiasaan berikut ini guna mencegah jerawat tumbuh kembali.
1. Hindari makanan gorengan, telur ayam ras, dan makanan junk food.

2. Bersihkan make up secara menyeluruh terutama pada bagian kulit yang sering tumbuh jerawat.

3. Hindari memakai obat jerawat tidak jelas yang dijual bebas di online shope.

4. Gunakan produk perawatan kulit seperti skin care hanya satu macam dan tidak sering gonta ganti.

5. Pastikan benda yang tiap hari anda gunakan dan bersentuhan langsung pada kulit wajah seperti handuk, bantal, helm, krudung, dan sebagainnya selalu bersih.

6. Lakukan olahraga setiap hari agar peredaran darah lancar dan kotoran serta bakteri penyumbat pori-pori bisa keluar bersamaan dengan keringat.

Demikian artikel cara menghilangkan jerawat dengan cepat, semoga bisa membantu masalah jerawat yang sedang kalian alami saat ini.