Monday, January 14, 2019

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Dengan Cepat

Memiliki rambut berketombe mungkin bukan menjadi masalah yang besar, namun beda halnya jika ketombe sampai menjadi kerak di kulit kepala dan menimbulkan rasa gatal mengganggu. Banyak faktor bisa menjadi penyebab munculnya ketombe di kulit kepala, namun faktor utama yang paling ditengarai sering menyebabkan ketombe adalah malasnya seseorang dalam merawat rambut dan kulit kepala.
Image courtesy of len-k-a at freeimages.com
Apa sih ketombe itu? ketombe adalah kondisi dimana proses pengelupasan kulit kepala terjadi secara berlebihan, sel kulit mati terkelupas merupakan kejadian wajar jika yang terkelupas jumlahnya sedikit, namun beda halnya jika sel kulit mati yang terkelupas jumlahnya banyak dan terjadi secara terus menerus disertai dengan rasa iritasi.

A. Penyebab ketombe membandel
Ketombe membandel tidak hanya disebabkan oleh malasnya merawat rambut dan kulit kepala, infeksi jamur, jenis kulit, dan beberapa jenis penyakit kulit juga ikut berperan dalam menyebabkan terjadinya ketombe membandel. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini:
1. Ketombe karena jamur
Malessezia merupakan salah satu jenis jamur yang biasa hidup di kulit kepala, jika jumlahnya tidak berlebih jamur ini tidak akan menyebabkan ketombe, namun saat kondisi-kondisi tertentu seperti pada saat cuaca lembab jamur ini dapat tumbuh dan berkembang biak dengan pesat dan menyebabkan iritasi pada kulit kepala, kemudian kondisi iritasi tersebut akan mengakibatkan pertumbuhan sel kulit lebih cepat dari kondisi normal dan pada akhirnya sel kulit berlebih tersebut akan mati dan rontok sebagai ketombe.

2. Ketombe karena kulit kepala kering
Kondisi kulit kepala yang kering dan kurang lembab biasanya akan menimbulkan rasa gatal, dan saat kamu menggaruknya maka lapisan kulit bagian luar akan mudah sekali terkelupas. Penyebab kondisi kulit kepala kering disebabkan oleh beragam hal mulai dari kurangnya mengkonsumsi makanan bernutrisi, dehidrasi, kondisi lingkungan, dan faktor hormon akibat stres.

3. Ketombe karena penyakit kulit
Penyakit eksim dan psoriasis menjadi salah satu jenis penyakit yang bisa membuat anda mengalami ketombe parah dan membandel. Eksim sendiri adalah kondisi peradangan parah pada kulit, membuat kulit kepala terasa gatal dan timbulnya serpihan ketombe saat menggaruk kepala. Sedangkan psoriasis sendiri merupakan kondisi dimana terjadi penumpukan sel kulit kepala yang telah mati dan menggering hingga menjadi kerak dibawah pangkal rambut.

4. Ketombe karena shampo
Alih-alih mengatasi ketombe dengan menggunakan shampo anti ketombe namun bukannya menghilang namun ketombe menjadi semakin banyak dan parah. Untuk memilih shampo antiketombe yang tepat jangan hanya percaya tulisan anti ketombe pada produk sampo, karena setiap orang memiliki kondisi rambut dan jenis kulit kepala yang berbeda-beda maka untuk mendapatkan pilihan shampo yang cocok cobalah berbagai merek shampo dan gunakan selama 1-2 minggu kemudian cobalah bandingkan mana yang lebih cocok untuk anda.

B. Cara menghilangkan ketombe membandel
Mengalami ketombe membandel memang menjadi masalah tersendiri bagi seseorang yang selalu menjaga penampilan, apalagi saat memakai kerudung dan kita terpaksa menggaruk kepala karena rasa gatal yang muncul akibat ketombe mungkin banyak orang yang mengira kita memiliki kutu rambut. Untuk menghilangkan ketombe dengan cepat yuk simak ulasan berikut ini:

1. Menghilangkan ketombe dengan makanan bergizi
Sudahkan kebutukan gizi anda terpenuhi? akibat tubuh kekurangan gizi dapat membuat kulit kepala mengering dan timbul ketombe, banyak mengkonsumsi makanan dengan tinggi nutrisi vitamin B, E, minyak esensial, dan zinc dipercaya mampu untuk atasi ketombe. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makan seperti kacang-kacangan, bayam, udang, danging sapi, dan brokoli.

2. Menghilangkan ketombe dengan shampo antiketombe
Pilih shampo anti-ketombe yang cocok untuk kondisi rambut dan kulit kepala anda, gunakan sampo setiap kali rambut terasa kotor dan berminyak, hindari penggunaan shampo terlalu sering untuk menghindari rambut menjadi kering. Agar lebih maksimal pilihlah sampo dengan kandungan zinc pyrithione dan selenium sulfide karena kedua zat tersebut berperan pending dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kepala.

3. Menghilangkan ketombe dengan masker alami
Apabila anda sudah mencoba mengganti menu makanan harian dan menggunakan shampo anti ketombe namun ketombe masih belum juga hilang, cobalah untuk memakai masker rambut alami. Kalian bisa membuat masker rambut dari bahan alami seperti lemon, jeruk nipis, garam, lidah buaya, dan minyak zaitun. Oleskan salah satu bahan tersebut secara merata pada kulit kepala, pijat-pijat sebentar, biarkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Menghilangkan ketombe dengan gaya hidup sehat
Rambut sering terkena sinar matahari, jarang berolahraga, dan stres tinggi karena pekerjaan juga berdampak buruk pada kesehatan kulit kepala. Membiarkan rambut terpapar terik sinar matahari di siang hari selain dapat membuat rambut kusam dan kering ternyata juga dapat mengakibatkan timbulnya ketombe, hindari aktifitas yang terkena sinar matahari langsung atau gunakan topi jika anda ingin beraktifitas diluar ruangan.

Dengan berolahraga secara teratur setiap hari selain dapat melancarkan aliran darah juga dapat melancarkan peredaran oksigen keseluruh tubuh dan mampu mengeluarkan kotoran sisa metabolisme lewat pori-pori kulit saat berkeringat. Sedangkan seseorang dengan tingkat stres tinggi selain dapat mengakibatkan kondisi hormon tubuh tidak seimbang juga dapat mengakibatkan tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

Agar ketombe tidak datang dan mengganggu kembali maka rajinlah menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, disertai dengan berolahraga secara teratur agar kondisi tubuh selalu sehat.