Friday, January 25, 2019

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Berat

Bukan hanya susah tidur yang menjadi masalah, rasa kantuk berat yang datang bukan pada waktunya juga sering menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Rasa kantuk baik di pagi hari maupun di siang hari sering kali menjadi masalah tersendiri, saat kita dituntut untuk belajar atau bekerja penuh namun karena datangnya rasa kantuk dapat membuat aktifitas kita terganggu dan target tidak selesai tepat pada waktunya.
Image courtesy of dan at FreeDigitalPhotos.net
Rasa kantuk datang disertai berbagai tanda seperti sulitnya berkonsentrasi, malas melakukan berbagai kegiatan, wajah terlihat kusam, dan terkadang mudah sekali marah.

A. Penyebab ngantuk berat
Banyak sekali faktor penyebab seseorang mudah merasakan rasa kantuk di saat jam kerja, mulai dari tidur larut malam, kurang tidur, stres, hingga sedang proses pemulihat setelah sakit.
1. Tidur malam tidak pada waktunya
Orang yang sering melakukan aktifitas dimalam hari seperti menonton tv, futsal, dan sebagainya sampai tengah malam atau bahkan sampai dini hari umumnya akan mudah mengantuk pada pagi atau siang harinya, banyak para ahli mengatakan bahwa waktu tidur paling ideal adalah pada jam 10 malam sampai jam 6 pagi.

2. Kurang tidur
Jumlah waktu tidur paling ideal adalah 8 jam sehari, jika seseorang tidurnya kurang dari itu maka sudah dapat dipastikan pada siangnya akan mudah sekali mengantuk, selain itu kurang tidur juga dapat menyebabkan efek negatif lainnya seperti mempercepat penuaan dini, menurunkan konsentrasi dan daya ingat, serta membuat daya tahan tubuh menurun.

3. Melakukan aktifitas berat
Jika kalian melakukan aktifitas berat pada hari sebelumnya dimana aktifitas tersebut banyak menguras fisik dan stamina maka anda membutuhkan waktu istirahat lebih lama jika dibandingkan dengan hari biasanya. Tubuh membutuhkan istirahat lebih lama untuk mengembalikan stamina yang terkuras saat aktifitas berat dan juga melakukan proses peremajaan sel tubuh rusak.

4. Stres dan depresi
Orang dengan tingkat stres tinggi sering kali mengalami gangguan susah tidur (insomnia) pada malam harinya, dan baru bisa tidur atau mulai mengantuk setelah dini hari atau bahkan setelah sinar matahari telah terbit.

5. Kondisi tempat belajar atau bekerja
Tempat bekerja yang selalu duduk, pekerjaan monoton didepan komputer, dan ditambah dengan ruangan ber AC pasti akan membuat semua orang yang bekerja didalamnya akan mudah merasakan rasa mengantuk.

6. Karena sakit
Orang dengan kondisi tubuh kurang sehat akan selalu merasakan tubuh lemas dan mengantuk, hal ini dikarena tubuh membutuhkan waktu istirahat lebih banyak untuk dapat melawan penyakit dan mengembalikan kondisi tubuh agar sehat kembali.

B. Cara menghilangkan rasa ngantuk
Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa kantuk yang datang bukan pada waktunya, dan berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa kalian coba.
1. Olahraga ringan
Olahraga ringan selain dapat membuat aliran darah menjadi lancar juga dapat membuat rasa kantuk menghilang, lakukan olahraga seperti perenggangan, berjalan ditempat, lari-lari kecil, dan lompat ditempat saat anda merasakan rasa kantuk berat.

2. Mencuci muka
Saat sekolah pastinya kita pernah mengantuk dan disuruh untuk mencuci muka oleh guru, beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa dengan melakukan terapi air maka selain dapat menetralkan suasana hati juga dapat meningkatkan rasa kewaspadaan diri.

3. Tidur sebentar
Cara terbaik untuk mengatasi rasa kantuk adalah dengan tidur, cobalah untuk tidur sebentar selama 5-30 menit, setelah anda terbangun sudah dapat dipastikan rasa kantuk akan menghilang, atau jika tidak bisa tertidur cobalah untuk memejamkan mata sebentar dan membiarkan tubuh beristirahat sejenak.

4. Minuman berkafein
Kafein adalah zat kimia yang biasa ditemukan pada teh dan kopi hitam, zat ini mampu meningkatkan hormon adrenalin, membuat tubuh terjaga, dan pikiran merasa segar. Hindari minuman kafein pada siang atau di sore hari karena bisa membuat anda tetap terjaga pada malam hari karena tubuh baru bisa mengeluarkan zat ini dari tubuh setelah 8 jam proses metabolisme.

5. Berjemur
Tempat kerja gelap akan membuat seseorang mudah mengantuk, maka dari itu disarankan untuk berpindah tempat dimana sinar matahari bisa langsung mengenai tubuh. Atau kalian bisa keluar ruangan sebentar untuk sekedar menghangatkan tubuh dengan langsung berjemur dibawah sinar matahari selama 5-10 menit.

6. Makan makanan pedas
Cobalan untuk makan makanan pedas dalam kondisi panas, maka tubuh akan mempercepat proses metabolisme dan membuat anda semakin terjaga. Anda bisa mencoba memakan cilok, mie ayam, bakso, dan empek-empek.

7. Mengobrol
Berbincang dengan rekan kerja juga dapat menjadi salah satu solusi jika anda mengantuk, ajaklah teman mengobrol atau bergurau untuk sekedar menghilangkan rasa kantuk yang datang.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan kantuk dari kami, pastikan kalian memiliki jadwal tidur dengan benar sehingga saat jam kerja anda tidak terganggu dengan rasa kantuk yang datang. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua memerangi rasa kantuk berat yang datang bukan pada waktunya.